Bisnis Kuliner

Hidangan Eropa Ala Jawa

Selat Solo
ICIP – Menu selat solo lengkap dengan kornet, telur, sayuran buncis dan wortel dengan kuah yang khas dan mayones.
M FURQON FIRMAN SYAH / RADAR PEKALONGAN

*Selat Solo

KULINERAN – Pengaruh negara lain seperti Eropa ke Indonesia tidak hanya menghasilakan serapan bahasa asing, sebagai salah satu bentuk pengaruh negara lain di Indonesia. Dalam bidang kulinerpun demikian, seperti menu Selat Solo ini.

Selat solo yang disajikann dari kombinasi menu kornet daging sapi, telur rebus, dan beberapap sayur sepeti wortel dan buncis dengan kuah coklat dengan aroma yang khas serta mayones sebagai pelengkap jika diperhatikan dari segi nama dan komposisi menu sendiri hampir sama dengan nama salad, yang mana menu tersebut merupakan menu sayuran ala eropa.

Memiliki nama selat solo, yang mengacu kepada “salad”, namun bagian utama menu tersebut berupa daging sapi menjadikan hidangan nampaknya tidak cocok untuk dikatakan sebagai salad, melainkan sebagai sebuah bistik yang disajikan dalam kuah gurih manis khas Jawa. Menurut penuturan Wikipedia beberapa orang menyebut hidangan ini sebagai sebuah percampuran antara bistik, salad dan sup. Hidangan ini juga sering disebut sebagai Bistik Jawa, walaupun hidangan tersebut mengandung lebih sedikit kuah.

Selat solo adalah sebuah hidangan khas Jawa yang memiliki pengaruh hidangan Eropa dan berasal dari kota Solo, Jawa Tengah. Makanan ini terdiri dari daging sapi has luar yang direbus dalam kuah encer yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap Inggris, air serta dibumbui dengan pala dan merica. Makanan ini kemudian disajikan dengan telur rebus dan sayur-sayuran seperti buncis, kentang, tomat, selada, mentimun, kol atau brokoli dan wortel, serta ditaburi keripik kentang dan ditambahkan sedikit moster atau mayones di sampingnya. (fqn)

Penulis: M Furqon Firman Syah | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *