Bisnis Kuliner

Nikmati Kekhasan Nasi Krawu di Depot Suramadu

Depot Suramadu
MENU – Nasi Krawo yang merupakan kuliner khas Gresik kini hadir di Depot Suramadu.
AKHMAD TAUFIK / RADAR PEKALONGAN

KOTA – Nasi Krawu, makanan tradisional yang terdiri dari nasi dan aneka menu pelengkap seperti daging suwir, sambal serta poyah atau serundeng yang terbuat dari parutan kelapa.

“Nama Nasi Krawu sendiri berasal dari istilah krawuk, yang dalam istilah masyarakat Gresik berarti mengambil sembarang dengan menggunakan tangan. Karena kebanyakan penjual menyajikan dan menyiapkan menunya hanya menggunakan tangan, sehingga banyak yang menyebutnya Nasi Krawu/ Sego Krawu,” ungkap Owner setempat, Rif’atul.

Makanan ini biasanya disajikan di atas daun pisang atau sering disebut pincok. Nasi Krawu merupakan salah satu makanan khas yang terkenal di Gresik, Jawa Timur. Walaupun dikenal sebagai makanan khas dari kota Gresik, namun sebenarnya Nasi Krawu ini berasal dari Madura. Makanan ini kemudian dibawa ke Gresik oleh para pendatang dari madura yang mencoba berjualan di sana. Karena rasanya yang khas dan sangat nikmat, Nasi Krawu ini mulai dikenal oleh masyarakat Gresik dan menjadi salah satu makanan khas di sana.

Makanan yang satu ini tersedia di Depot Suramadu yang sangat khas dengan masakan Jawa Timurnya. Selain itu banyak pula menghadirkan varian menu baru. Pihaknya memberikan yang spesial yakni paket dengan harga terjangkau. Ayam bakar/goreng/kremes hanya Rp11 ribuan sudah termasuk nasi, sambal, lalapan, dan minuman. Rawon susur hanya Rp13 ribuan saja lengkap dengan nasi plus minuman. Masih ada lagi yang baru yakni ayam bacem khas Suramadu. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Honda_Fais Juli 2017

REV Suzuki Yulina Agustus 2017