Kendal

Pemkab Kendal-Undip Jalin Kerjasama, Di Berbagai Bidang

Kendal Kerjasama Undip
KERJASAMA – Pemkab Kendal belum lama ini menjalin kerja sama dengan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dalam berbagai bidang.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal belum lama ini menjalin kerja sama dengan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Kerja sama untuk membangun Kendal dilakukan diberbagai bidang seperti, pertanian, industri, perdagangan, dan pendidikan. Kerja sama ditandai dengan kunjungan Bupati Kendal ke kampus Undip Tembalang.

Kunjungan kerja jalin kerjasama Pemkab Kendal- Undip Semarang itu berlangsung di Ruang Sidang Rektor, Gedung Widya Puraya, Kampus Undip Tembalang, dan dibuka oleh Wakil Rektor bidang Komunikasi dan Bisnis Budi Setiyono PhD. Usai dibuka kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu Direktur Kerjasama Riset dan Industri Dr Ir Bambang Purwanggono.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Agus Rifai, mengatakan, kunjungan itu membahas sejumlah rencana strategis untuk mendukung pembangunan Kawasan Industri Kendal (KIK) di Kaliwungu serta pembangunan sektor peternakan dan pertanian di Kendal.

“Bahasan lainnya juga untuk pembangunan bidang pendidikan,” kata dia.

Agus Rifai mengungkapkan, Undip menawarkan pengendalian perubahan tata ruang dan perencanaan pusat pertumbuhan baru yang diintegrasikan dengan pengembangan sistem transportasi. Untuk efisiensi lahan, alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan permukiman dan fasilitas komersial juga perlu dikontrol. “Hal itu agar produktivitas pertanian dan perkebunan agar tetap terjaga dengan baik,” terang dia.

Sementara Dekan Sekolah Vokasi, Prof Dr Ir Budiyono, mengatakan, perlu peningkatan sumberdaya manusia melalui pendidikan kejuruan. Hal ini disamping akan meningkatkan daya tawar daerah, sekaligus untuk menyiapkan tenaga kerja lokal untuk bisa ambil bagian secara dominan dalam kegiatan industri.

Ketua Departemen Peternakan Undip, Dr Ir Bambang Whep, menambahkan, untuk meningkatkan ketahanan pangan, bisa dilakukan aplikasi yang inovatif di bidang produksi pakan ternak secara terintegrasi.

“Pemkab bisa menjalin kerja sama dengan Perum Perhutani untuk meningkatkan ketahanan pangan serta kesejahteraan peternak di Kendal,” katanya. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *