Batang

RSUD Limpung Siap Layani Pasien BPJS Kesehatan, Mulai 17 Agustus

RSUD Limpung BPJS Kesehatan
SIAP LAYANI – RSUD Limpung akan segera melayani masyarakat dengan BPJS Kesehatan, mulai 17 Agustus 2017. Pihaknya menandatangai kontrak kerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Jumat (11/8).
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Momen kemerdekaan ini akan terasa manis, khusunya bagi peserta (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) BPJS Kesehatan daerah Limpung dan sekitarnya. Pasalnya mulai 17 Agustus nanti, RSUD Limpung resmi melayani pasien peserta BPJS Kesehatan.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama antara RSUD Limpung dengan BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Jumat (11/8) yang dilakukan di aula serbaguna RSUD Limpung.

“Alhamdulilah berkat perjuangan dan kerja keras teman–teman, RSUD Limpung akhirnya mulai 17 Agustus sudah bisa melayanai pasien BPJS. Sejak berdirinya RSUD Limpung sesuai prosedur memang tidak bisa serta merta dapat bekerja sama dengan BPJS,” terang Direktur RSUD Limpung, dr Agung Rumihadi usai penandatangan kerja sama.

Ditambahkan, sebagai rumah sakit Tipe D RSUD Limpung sudah memenuhi standar yang disyaratkan. Seperti dengan pemenuhan beberapa dokter spesialis. Seperti spesialis bedah, dokter spesialis kandungan, penyakit dalam, serta spesialis anak.

Selain itu, pihaknya juga memiliki dokter spesialis penunjang. Seperti spesialis anestesi, spesialis laboratorium, serta spesialis radiologi. Hingga saat ini pihaknya menyediakan total 53 bed. Serta dilengkapi dengan ruang bersalin, IGD, HCU, Laboratorium, Farmasi, Ruang Operasi dan lainnya yang sudah sesui SOP.

“Tidak menutup kemumungkinan setelah kerja sama ini, pasein rawat inap akan membludak. Kami sudah antisipasi, mungkin kami akan rubah ruang pertemuan menjadi Bangsal sambil menunggu proses pembangunan penambahan ruangan selesai. Tapi ini hanya sementara. Untuk memberikan layanan terbaik pada masyarakat,” terang lelaki yang kerap disapa dr Agung ini.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan Asep Subana menuturkan, memang ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dan setelah melewati serangkain proses, proses kerja sama ini sudah bisa dimulai per tanggal 17 Agustus nanti.

Keterjangkauan peserta BPJS Kesehatan di Batang ini baru mencapai sekitar 66 persen. Diharapkan kerja sama ini dapat menjadi amunisi untuk bisa menarik minat masyarakat Limpung dan sekitarnya untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Kerja sama ini pula menjadi komitmen BPJS untuk mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Khususnya di wilayah Batang bagian timur.

”Ini yang menjadi tugas kita bersama agar masyarakat ikut dalam kepesertaan JKN dan bisa terpenuhi hingga tahun 2019. Dampak Kerjasama dapat menarik minat masyarakat yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan. Karena fasilitas kesehatan di RSUD Limpung bisa diakses dengan BPJS,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati & Redaktur: Dony Widyo

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *