Batang News

2017, Rp 133 M Biayai 112 Proyek

Budiyanto TM SIP MM
Budiyanto TM SIP MM

Seluruh Paket Sudah Masuk ULP

Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Batang memastikan seluruh proyek yang melalui pelelangan elektronik (e-procurement) di tahun 2017 sudah masuk seluruhnya ke Unit Layanan Pengadaan (ULP). Total ada 112 paket yang dibiayai dengan pagu Rp 133.121.858.498.

“Sedianya, di data awal RUP (Rencana Umum Pengadaan –red) tercatat total ada 132 proyek yang pengadaannya direncanakan melalui lelang elektronik. Tetapi yang fix akhirnya tinggal 114, itupun dua paket terkena efisiensi, jadi riil ada 112 paket,” ungkap Kabag PBJ Setda Batang, Budiyanto TM SIP MM, Jumat (11/8).

Proyek terakhir yang masuk ke ULP adalah enam paket saluran dan daerah irigasi (DI) dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR), kemarin pagi. Yang pertama proyek pemeliharaan saluran Kali Bogol Tepos Kecamatan Reban senilai pagu Rp 220 juta.

Sementara lima lainnya adalah rehabilitasi daerah irigasi (DI), yakni Jamban I Kecamatan Bawang Rp 220 juta, Wadas Atas Desa Tambahrejo Bandar Rp 385 juta, Kenconorejo Tulis Rp 370 juta, Ploso Desa Gringgingsari Wonotunggal Rp 385 juta, serta DI Kranggan Tersono Rp 207 juta.

“Jika diakumulasi, total pagu keenam paket ini sebesar Rp 1,787 miliar, jadi total pagu keseluruhan paket tahun 2017 yang dikelola ULP kurang lebih Rp 133 miliar,” ujar Budiyanto.

Dia mengatakan, total 112 proyek yang dikelola ULP tahun ini adalah termasuk tiga paket yang langsung dibiayai APBN. Pertama, pembangunan Pasar rakyat Reban dengan pagu Rp 6 M. Kedua, pengadaan pupuk organic, pupuk cair dan pestisida fasilitasi bantuan kepada petani cabai musim kemarau senilai Rp 961 juta. Ketiga, pengadaan pupuk organic padat non subsidi fasilitasi bantuan kepada petani cabai musim kemarau Rp 462 juta.

“Ketiga paket ini mekanisme kegiatannya melalui TP (Tugas Pembantuan –red). Saat ini ULP telah menyelesaikan lelang untuk 94 paket, termasuk pasar rakyat Reban. Jadi, saat ini Pokja tinggal fokus menyelesaikan lelang untuk 8 proyek,” pungkas Budiyanto. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *