Batang

Rekreasi ala Baca Buku

H Wihaji MPd
H Wihaji MPd

Kebiasaan memang sulit dihilangkan, termasuk membaca. Mereka yang pernah merasakan nikmatnya mencintai buku, memorinya akan terus membekas. Pengalaman itu pula yang diperlihatkan Bupati Batang, H Wihaji SAg MPd, dalam kesempatan even pameran buku, baru-baru ini.

Sebagai mantan aktivis mahasiswa, buku memang punya pesona tersendiri bagi Wihaji. Bagaimana seni berburu buku di tengah kondisi keuangan yang tak bersahabat sampai kode etik pinjam-kembalikan buku teman selalu menjaji bumbu yang ngeri-ngeri sedap bagi pecinta buku.

“Bagaimana mendapatkan buku incaran saat kondisi kantong tipis, itu ada seninya. Zaman kuliah dulu, saat dapat beasiswa atau uang bulanan dari orang tua, yang pertama terpikir adalah pergi ke Jogja untuk berburu buku. Padahal, efek dari membelanjakan buku itu, kita kesulitan bayar kos, atau jatah uang makan habis jauh sebelum akhir bulan. Meski kadang menyusahkan, tetapi tetap kirta nikmati. Kita akan bangga kalau rak buku di kos berisi buku-buku baru yang belum dimiliki kawan-kawan,” terang Wihaji.

Ucapan Wihaji memang bukan isapan jempol. Saat pembukaan pameran buku Batang, awal Agustus lalu, dia menyempatkan diri hadir pagi karena ada kegiatan rapat paripurna DPRD di saat yang hampir bersamaan. Dia memang membuka dan meninjau stan buku dengan singkat, karena sudah di tunggu di gedung dewan. Tetapi siapa nyana, usai paripurna Bupati kembali mampir ke Gedung Wanita untuk berburu buku.

“Zaman boleh berubah, teknologi informasi pesat berkembang, apapun bisa dicari di google. Tetapi saya termasuk yang meyakini, ada buku-buku yang tidak bisa dinikmati dengan e-book di smartphone. Mungkin sulit dijelaskan, tetapi saya sendiri mengalaminya. Membaca buku itu rekreasi,” ucapnya. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *