Metro Politik

Resmi Bertugas, Panwas Langsung Gelar Seleksi Panwascam

Panwas Kota Pekalongan
RESMI BERTUGAS – Tiga Anggota Panwas Kota Pekalongan yang terpilih, Bambang Sukoco, Asih Rahayu dan Sugiharto sedang menggelar seleksi Panwascam.

KOTA PEKALONGAN – Usai terpilih dan resmi dilantik pada 25 Agustus lalu, Panitia Pengawas (Panwas) Kota Pekalongan yakni Sugiharto, Bambang Sukoco dan Asih Rahayu langsung bergerak.

Panwas resmi membuka pendaftaran calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam). Panwas sudah mengeluarkan pengumuman terkait syarat, dan tata cara pendaftaran bagi calon Panwascam.

Ketua Panwas Kota Pekalongan, Sugiharto menjelaskan, rekrutmen Panwascam menjadi tugas pertama Panwas, karena sejauh ini belum ada tahapan Pilgub yang dilaksanakan. “Sementara ini belum ada tahapan pemilu. Masih penyusunan perencanaan anggaran dan regulasi oleh KPU Provinsi. Sehingga setelah dilantik, Panwas Kota Pekalongan langsung bekerja dengan membentuk Panwascam,” jelasnya, Rabu (30/8).

Tahapan penerimaan Panwascam, sudah dimulai Rabu (30/8) dengan melakukan pengumuman. Sementara tahapan pendaftaran, akan dibuka mulai 6 September hingga 12 September. Dari jumlah pendaftar yang masuk, tahap awal akan dipilih enam orang terlebih dahulu yang selanjutnya akan kembali diseleksi menjadi tiga orang untuk ditetapkan sebagai anggota Panwascam. “Tiap kecamatan akan diambil tiga oleh Panwascam yang akan bertugas dalam Pilgub 2018,” tambah Sugiharto.

Untuk tahapan pendaftaran dan seleksi, setelah pendaftaran, akan dilakukan tes tertulis dan tes wawancara. Sedangkan mengenai persyaratan, diantara yang perlu diperhatikan yakni calon Panwascam minimal berusia 25 tahun, pendidikan SMA, bukan anggota parpol atau sudah mengundurkan diri dari anggota parpol minimal lima tahun pada saat mendaftarkan diri, serta tidak pernah atau sudah mengundurkan diri sebagai tim kampanye dalam pemilu,” tuturnya.

Usai proses seleksi, Panwascam akan dilantik pada 30 September mendatang. Usai dilantik, mereka akan langsung bekerja untuk mengawasi pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) oleh KPU.

“Usai dilantik mereka akan langsung bekerja untuk mengawasi pembentukan PPK,” katanya.

Ditambahkan Sugiharto, berbeda dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya untuk Pilgub, pembentukan panitia pengawas di tingkat kecamatan memang lebih dulu dibandingkan pembentukan panitia pemilihan. Sehingga Panwascam akan ikut melakukan pengawasan pembentuka panitia pemilihan oleh KPU. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Web - Honda_Efa September 2017