Metro Politik

51 Orang Daftar jadi Calon Panwas

Calon Panwas
SERAHKAN FORMULIR – Sejumlah pendaftar tengah mengembalikan formulir pendaftaran Panwas Pemilihan tingkat Kecamatan di hari terakhir pendaftaran, Selasa (12/9).
M. AINUL ATHO’

KOTA PEKALONGAN – Sebanyak 51 orang, tercatat mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwas tingkat kecamatan hingga batas akhir pendaftaran, Selasa (12/9) siang.

Dari jumlah tersebut, sebaran jumlah pendaftar di masing-masing kecamatan terpantau sudah memenuhi kuota minimal sesuai dengan aturan yang ditetapkan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah yakni minimal sembilan pendaftar di masing-masing kecamatan.

Menurut catatan Pokja Penerimaa Panwas tingkat Kecamatan hingga pukul 14.00, sebanyak 51 pendaftar berasal dari Kecamatan Pekalongan Barat sebanyak 28 orang, Kecamatan Pekalongan Utara sebanyak 10 orang, Kecamatan Pekalongan Timur sebanyak 11 orang, dan dari Kecamatan Pekalongan Selatan sebanyak 22 orang.

Ketua Pokja Penerimaan Panwas tingkat Kecamatan, Bambang Sukoco mengungkapkan, penerimaan pendaftaran sudah diumumkan sejak 31 Agustus lalu dan pendaftaran dibuka hingga 12 September pukul 16.00. “Sementara sampai pukul 14.00, ada 51 yang mendaftar dengan mengembalikan formulir dari 70 orang yang mengambil formulir pendaftaran. Sebarannya juga kami lihat sudah memenuhi syarat yang ditetapkan,” kata Bambang yang ditemui di Sekretariat Panwas Pemilihan Kota Pekalongan, di Gedung Diklat, Selasa (12/9).

Karena sudah memenuhi syarat, Panwas akan segera melakukan seleksi dan melakukan pleno untuk menetapkan siapa yang lolos seleksi administrasi. Hasilnya, akan diumumkan pada Rabu (13/9).
Selanjutnya, mereka yang lolos akan menjalani tes tertulis pada 16 September untuk menentukan enam besar.

“Dari enam besar yang lolos tes tertulis, akan dilakukan tes wawancara pada 20 September mendatang yang kemudian akan dipilih tiga orang panwas di masing-masing kecamatan,” jelasnya lagi.

Namun sebelum itu, Panwas juga akan terlebih dulu menyampaikan hasil seleksi kepada masyarakat untuk selanjutnya meminta masukan tentang rekam jejak para calon yang sudah lolos seleksi. “Nanti nama-nama yang lolos akan kami umumkan lewat media sosial, lewat akun Panwas. Dari sana kami akan meminta masukan dari masyarakat terkait rekam jejak mereka yang lolos,” tambah Bambang.

Menurut Bambang, masukan dari masyarakat merupakan bagian yang penting dari proses penerimaan tersebut. Karena pihaknya ingin memastikan Panwas Pemilihan tingkat Kecamatan yang terpilih nanti dapat bekerja dengan baik, disiplin dan penuh integritas. “Kami juga ada formulir sendiri terkait masukan masyarakat. Panwas harus bekerja dengan baik, karena menghadapi dua agenda yakni Pilgub 2018 dan sebagian tahapan Pileg 2019 yang mungkin akan dilaksanakan di tahun ini , dan tahun depan,” tandasnya. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Web - Honda_Efa September 2017