Featured Kajen News Pariwisata

Keindahan Wisata Seven Mountain di Pekalongan Bakal Dikembangkan

KAJEN – Upaya Pemkab Pekalongan untuk mengembangkan potensi wisata di Kota Santri semakin bergeliat. Tidak hanya wisata alam seperti air terjun atau pantai, wisata pegunungan juga tak luput dari program publikasi dan promosi destinasi wisata.

Bahkan untuk mempublikasi dan mempromosikan destinasi wisata pegunungan yang ada di Kabupaten Pekalongan, Bupati Pekalongan KH Asip Kholbihi SH MSi, Sabtu (16/9) dini hari, menyempatkan diri untuk mendaki Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo, Kecamatan Petungkriyono.

Perjalanan bupati menuju puncak setinggi 1.695 Mdpl ini tidaklah seorang diri, melainkan ditemani oleh sang istri dan salah satu anaknya. Beberapa pejabat Pemda Kabupaten Pekalongan juga ikut dalam ekspedisi puncak ketiga di pegunungan Petungkriyono tersebut. Di antaranya Sekda Dra Mukaromah Syakoer MM beserta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para unsur Forkompinda, beberapa Kepala Desa serta para pecinta alam yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Sebelum mendaki, para rombongan berangkat dari Pendopo Rumah Dinas Bupati di Kajen menuju Balai Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, pada pukul 04.00 WIB. Dari balai desa, rombongan langsung melakukan pendakian dan berhasil sampai di Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo pukul 05.00 WIB.

Menurut Bupati, Puncak Hanoman di Gunung Kendalisodo yang memiliki ketinggiannya 1.695 Mdpl ini merupakan salah satu dari seven mountain di Kabupaten Pekalongan. “Sampai hari ini kita sudah mendaki 2 puncak yakni Puncak Merah Putih dengan ketinggian hampir 2000 Mdpl, dan pada pagi hari ini kita naik ke Puncak Hanoman ini bersama Forkompinda, para Kepala OPD, para wartawan, para Kepala Desa, komunitas pecinta alam hampir sekitar 50 orang lebih. Kami berangkat dari Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, yang merupakan start pendakian pada pukul 04.00 WIB dan sampai diatas Puncak Hanoman ini pada pukul 05.00 WIB,” ujar bupati.

“Saya kira wisata-wisata alam ini perlu kita gali potensinya. Nanti akan kita benahi fasilitas yang ada di Puncak Hanoman ini sebagai salah satu destinasi wisata gunung. Disini sunrise-nya juga sangat menawan. Oleh karena itu saya mengundang wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Puncak Hanoman ini yang sudah ditetapkan menjadi National Nature Herritage. Mudah-mudahan upaya untuk mempromosikan wisata ini bisa mendatangkan efek terutama adalah pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya.

Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo ini dikelola oleh Pokdarwis Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, di bawah pimpinan kepala desa setempat. Bupati berharap para pecinta alam untuk dapat menikmati akhir pekan dengan datang ke Puncak Hanoman ini.

“Dari atas Puncak Hanoman kita bisa menyaksikan deretan gunung yang ada di Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang dan Kabupaten Banjarnegara. Bahkan gunung Slamet juga tampak anggun dan perkasa dari kejauhan. Saya kira Puncak Hanoman ini sangat elok sekali, eksotis dan cukup menantang andrenalin untuk mendakinya,” kata Asip Kholbihi.

Dipaparkan, seven Mountain di Kabupaten Pekalongan sendiri meliputi Puncak Merah Putih (Puncak Tugu), Puncak Hanoman dan Puncak Rogojembangan. Ketiganya ada di Kecamatan Petungkriyono.
Sedangkan lainnya ada di Kecamatan Kandangserang dan Kecamatan Lebakbarang serta Kecamatan Paninggaran.

“Semuanya berjumlah 7 dan sedang kita eksplor. Mudah-mudahan akan menjadi sesuatu yang sangat spesial terutama bagi para pecinta alam,” tutur Bupati. (adv)

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *