Batang Pariwisata

Finalis Duta Wisata Diminta Aktif Promosikan Pariwisata, Ricky dan Asih jadi Mas dan Mbak Duta Wisata Batang 2017

Duta Wisata Batang
PEMENANG – Bupati Wihaji berfoto bersama dengan para pemenang Duta Wisata Kabupaten Batang 2017 saat malam Grand Final, Jumat malam.
AKHMAD SAEFUDIN

BATANG – Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Batang Tahun 2017 sukses digelar, Jumat (15/9) malam, di Jl Veteran. Kepada para finalis ajang tahunan itu, Bupati Wihaji meminta mereka aktif mempromosikan potensi pariwisata daerah.

Malam puncak nan meriah itu diikuti 30 finalis yang sebelumnya telah melewati berbagai tahapan seleksi. Setidaknya ada empat tahapan yang sebelumnya telah dijalani para finalis dan menjadi dasar penilaian dewan juri, mulai tahap administrasi, tes tertulis, wawancara dan karantina.

Penampilan di panggung grand final juga menjadi penilaian terakhir juri. Hasilnya, Ricky Anggran dari Kecamatan Blado berhasil menyabet juara 1 putra, sementara Asih Mei Purwanti dari SMAN 1 Batang juara 1 putri. Pasangan inilah yang dinobatkan sebagai Mas dan Mbak Duta Wisata Batang 2017. Adapun juara 2 putra diraih Yudi Aprianto dari kategori umum dan Tara Febriana P dari Bandar untuk 2 putri. Juara 3 putra dan putrid menjadi milik Adhyaksa Rizqy W (SMAN 2 Batang) dan Anggi Yunita dari Pokdarwis Pandansari.

Untuk juara Harapan 1 putra ada Arthur Erwin P (umum) dan putrid ada Shenia Benesti (SMAN 1 Subah). Pada kategori Juara Favorit Putra jatuh pada Hanif Putra P (SMAN 2 Batang) dan favorit putrid, Azzahra Rizky D. Kategori Juara Berbakat ada pasangan Alizuna Jazinur Fatah dari Subah dan Dewi Krisnawati. Sementara Juara Persahabatan ada pasangan Putra Bimo Diponegoro dari MAM Limpung dan Nurdia (umum).

Bupati Wihaji menyampaikan selamat kepada 30 finalis yang telah sukses menembus malam grand final, khususnya bagi yang akhirnya merengkuh juara dan utamanya lagi untuk Ricky dan Asih yang akhirnya dinobatkan sebagai Mas dan Mbak Duta Wisata 2017. Namun, Bupati juga tanggung jawab dan kepedulian para finalis untuk menjaga dan mempromosikan potensi daerahnya.

“Tolong bantu promosikan potensi pariwisata Kabupaten Batang yang kini sedang bertumbuh. Selain sebagai finalis duta wisata, mas dan mbak ini juga bagian dari entitas Kabupaten Batang yang wajib memiliki kebanggaan dan mau membangakan daerah dengan kerja dan prestasi,” pesan Bupati.

Lanjut dia, Kabupaten Batang memiliki potensi sumber daya alam maupun manusia yang luar biasa. Kondisi geografis yang lengkap, pantai, dataran rendah, dan pegunungan menurut Wihaji harus disyukuri dan dikelola dengan baik. Potensi wisatanya pun sangat kaya, dari pantai, agrowisata, curug, pemandian air hangat, hingga spot paralayang di Sikuping.

“Ini potensi dan kekuatan pariwisata yang luar biasa, mari promosikan bersama-sama,” imbuhnya.

Kepala Disbudpar Batang, Bambang Supriyanto SH MHum, berharap Mas dan Mbak maupun finalis Duta Wisata lainnya bisa berperan sebagai motor penggerak masyarakat yang sadar wisata dan bisa mempromosikan daerahnya, sehingga kunjungan wisata ke Kabupaten Batang bisa meningkat. “Pariwisata Batang juga harus bisa bersaing dengan daerah lainnya di Jawa Tengah. Kalau kunjungan dan daya saing tinggi, maka dampaknya juga akan kembali ke masyarakat,” ucapnya.

Malam Grand Final juga dimeriahkan dengan penampilan Gizi Band yang menghibur seluruh yang hadir. Duta wisata kabupaten/kota lain juga ikut hadir, seperti Kota Semarang, Kendal, serta Kabupaten dan Kota Pekalongan. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *