Jateng

Kawanan Babi Hutan Turun Gunung Akibat Kekeringan yang Melanda

ngeri-gara-gara-kekeringan-kawanan-babi-hutan-turun-gunung-sbu7kXkD0EDiduga persediaan makanan habis akibat kekeringan, puluhan kawanan babi hutan masuk ke perkebunan dan merusak tanaman salak siap panen warga di Banjarnegara, Jawa tengah.

Kondisi tanaman salak di salah satu perkebunan salak milik warga desa Jlegong Karangkobar menunjukan salak usia siap panen rontok dan rusak akibat serangan babi hutan atau celeng.

Kawanan celeng yang berjumlah puluhan ini diduga turun gunung untuk mencari makan, akibat persediaan makanan di hutan habis karena kekeringan, serangan ini biasanya terjadi pada sore dan malam hari.

Berdasarkan laporan warga, saat ini babi hutan sudah menyerang lahan hingga luasan 2 hektar yang terdiri dari lahan perkebunan salak jagung dan singkong milik warga.

“Babi hutan menyerang dengan cara bergerombol, biasanya mereka menyerang pada sore dan malam, bahkan ada yang menyerang manusia, kami kini selalu berjaga-jaga dan ronda serta membuat jebakan celeng,” ujar Sartin warga Jlegong kepada Okezone, Rabu (20/9/2017).

Mengantisipasi serangan terus meluas, warga bersama TNI berjaga-jaga di lokasi dan membuat perangkap babi hutan. Babi hutan bagi warga Desa Jlegong Karang Kobar menjadi hama, karena perkembangannya yang cukup pesat dan sering merusak tanaman warga.

Selain merusak tanaman, babi hutan juga bisa melukai warga atau petani yang bertemu dengan kawanan saat mengamuk. warga menghalau babi dengan berteriak dan memukul-mukul kentongan di tengah area kebun.

Sumber : OkeZone

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *