Kesehatan

Trik Mencegah Jerawat Muncul Kembali

cara-mencegah-jerawat-muncul-kembali-14gUEiYUWwBeberapa faktor bisa memicu timbulnya jerawat kembali. Misalnya, kulit wajah berminyak, riasan wajah tebal dan tidak segera dibersihkan sampai dibawa tidur, hingga tidak bersih dalam membersihkan wajah.

Tentu saja hal tersebut dapat mengganggu penampilan seseorang. Nah, agar kemunculan jerawat tidak semakin parah, ada cara mudah nan praktis untuk mengatasinya. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya seperti dilansir Boldsky, Jumat (22/9/2017).

Membersihkan wajah dengan tepat

Salah satu ritual yang tak boleh terlewat setiap harinya adalah membersihkan wajah. Hindari tidur di malam hari sebelum membersihkan make-up. Pastikan untuk membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan polusi. Gunakan air dingin untuk membilas wajah, serta produk pembersih yang tepat sesuai tipe kulit wajah.

Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Hindari kontak langsung antara tangan dengan wajah. Hal ini bisa memicu munculnya jerawat kembali. Apalagi bila kondisi jari-jari tangan dalam keadaan tidak bersih atau wajah yang sensitive. Jika ingin menyentuh wajah, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dulu dan hindari memencet jerawat.

Menjaga makanan yang seimbang

Konsumsi makanan memang terkadang bisa mengundang timbulnya masalah jerawat. Karena itu, sebaiknya jaga makanan yang seimbang.

Tidak berlebihan menggunakan make-up

Bagi Anda yang senang berkreasi dengan make-up, sebaiknya mulai selektif memilih make-up dengan memerhatikan kandungan di dalamnya. Bila di rumah saja, berilah waktu bagi kulit untuk bernapas, atau jika masih ingin menggunakan make-up, gunakan secukupnya dan tidak berlebihan.

Sumber : OkeZone