Kajen Politik

KPU Gelar Bimtek Parpol

Bimtek KPU
BIMTEK – Sebanyak 16 Parpol di Kabupaten Pekalongan diundang dalam Bimtek Tata Cara Pendaftaran dan Verifikasi serta Penetapan Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2019, di Hotel Dafam Pekalongan, Senin (2/10).
MUHAMMAD HADIYAN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan Bimtek Tata Cara Pendaftaran dan Verifikasi serta Penetapan Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2019, di Hotel Dafam Pekalongan, Senin (2/10). Bimtek ini merupakan amanat UU no 7 2017 tentang Pemilu serta PKPU No 7 2017 tentang Jadwal, Tahapan dan Program Kegiatan Pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Mudasir mengatakan, partai yang diundang dalam bimtek tersebut sebanyak 16 parpol. Yakni terdiri dari 12 parpol lama dan 4 parpol baru yaitu (Partai Berkarya, Partai Solidaritas Indonesia/PSI, Partai Perindo dan Partai Idaman). Hanya partai PKPI dan Partai IDAMAN yg tidak hadir.

“Adapun beberapa materi yang disampaikan dalam materi ini adalah terkait Pendaftaran Parpol dilakukan oleh pengurus tingkat pusat kepada KPU RI Mulai tanggal 3-16 Oktober 2017. KPU Kabupaten Peekalongan menerima pendaftaran parpol di tingkat Kabupaten mulai tanggal 3-16 Oktober 2017,” terangnya.

Selain itu juga terkait penerimaan pendaftaran di tingkat KPU dari tanggal 3-15 Oktober pukul 08.00 – 16.00 WIB, tanggal 16 Oktober 2017 penerimaan berkas sampai pukul 24.00 WIB. Kemudian tentang jumlah penyerahan data KTA yg dilampiri dengan KTP elektronik dengan jumlah satu per seribu 1/1.000 dari jumlah penduduk.

“Verifikasi Parpol dilakukan dengan menggunakan metode sampling dari jumlah KTA yang disampaikan ke KPU. Dan yang terakhir KPU mengimbau kepada Partai baru yang belum terdaftar dan ada di wilayah Kabupaten Pekalongan untuk segera berkoordinasi dengan KPU. Kami berharap supaya bisa didaftarkan pula ke KESBANGPOL Kabupaten Pekalongan,” tandasnya. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *