Kendal Politik

KPU Kendal Buka Pendaftaran Parpol, Ada 4 Partai Baru

KPU Pendaftaran Parpol
MEMBUKA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal sudah membuka pendaftaran bagi partai politik (Parpol) di Kabupaten Kendal.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal sudah membuka pendaftaran bagi partai politik (Parpol) di Kabupaten Kendal. Pendaftaran dimulai 3 hingga 16 Oktober 2017. Pendaftaran tersebut bersamaan waktunya dengan pendaftaran parpol di tingkat pusat. Kemudian sudah mensosialisasikanya dengan mengundang seluruh parpol lama dan empat parpol baru.

Hal itu dibenarkan, Ketua KPU Kendal Wahidin Said, Selasa (3/10). Kata dia, bagi parpol yang mendaftar di tingkat Kabupaten Kendal, wajib menyerahkan salinan KArtu Tanda Anggota (KTA) dan e-KTP atau Surat Keterangan Kependudukan sebanyak minimal 976 KTA dan 976 salinan eKTP atau Surat Keterangan Kependudukan.

“Jumlah itu merupakan seper sepuluh dari jumlah penduduk di Kabupaten Kendal yang sebanyak 976.771 jiwa,” kata dia.

Dia mengungkapkan, tiap parpol di Kabupaten Kendal wajib mendaftar di KPU Kendal dengan menyerahkan persyaratan, yakni memiliki kepengurusan di kecamatan minimal 50 persen. Kemudian memiliki kantor tetap sampai tahapan pemilu selesai atau setelah pelantikan anggota legislatif.

“Tiap parpol juga wajib menyertakan rekening dana kampanye atas nama partai,” ungkap dia.

Dia menambahkan, semua berkas persyaratan tersebut diserahkan ke pusat dalam bentuk sistem informasi parpol (Sispol). Untuk Partai baru akan dilakukan verifikasi administrasi dan vaktual, sedangkan untuk partai lama hanya dilakukan penelitian administrasi.

“Partai lama itu Parpol yang sekarang memiliki kursi di DPRD Kendal, jumlahnya ada 12 Parpol,” imbuh dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *