Batang News Politik

Oemah Pintar Pemilu Jadi Sarana Belajar Demokrasi

Oemah Pintar
MAKET – Bupati, Ketua KPU Jateng dan tamu undangan lainnya mendapat penjelasan terkait maket TPS yang ada di Oemah Pintar Pemilu, kemarin.
DONY WIDYO

BATANG – Untuk memberikan edukasi dan juga pelayanan bagi untuk memperoleh informasi tentang demokrasi, pemilu dan kepartaian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang membuat Oemah Pintar Pemilu. Keberadaan Oemah pinter berfungsi untuk melayani masyarakat agar bisa memperoleh informasi yang lengkap terkait sejarah pemilu, partai-partai yang pernah mengikuti pemilihan umum dan juga Pemilihan Presiden, Gubernur hingga Bupati.

“Selain Oemah Pintar, guna memberikan informasi yang mudah, cepat dan juga bisa diakese dari manapun, KPU Batang juga membuat aplikasi Catatat Informasi Pemilu Batang (Ciluba) yang bisa diunduh oleh pengguna Android,” ujar Ketua KPU Batang, Adi Pranoto saat memberi sambutan pada acara peresmian Oemah Pintar Pemilu yang di adakan di kantor KPU setempat, kemarin.

Pada kegiatan yang juga dihadiri Forkompinda, Panitia Pengawas Kabupaten Batang dan juga perwakilan KPU yang ada di Pantura Jawa Tengah, Adi menjelaskan, aplikasi Ciluba sudah dapat di unduh melalui Play Store pada android yang berisi informasi-informasi kepimiluan, partai dan juga sejarah pemilihan umum, sehingga masyarakat tidak perlu ke KPU untuk memperoleh informasi, cukup melalui android.

Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Poernomo yang hadir pada acara itu mengungkapkan, Oemah Pintar Pemilu memiliki tiga fungsi. Yaitu, sebagai tempat untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya berdemokrasi, menjadi tempat berkumpulnya pegiat pemilu, sekaligus untuk membuat dan menyususn gerakan–gerakan yang di perlukan. Dan oemah pintar tersebut di bisa menjadi musium demokrasi di Indeonesia.

“Kami berharap oemah pintar menjadi pusat pendidikan bagi pelajar sebagai pemilih pemula dan pelajar, sehingga diharapkan mereka bisa bergiliran mengunjungi oemah pintar KPU. Karena selama ini Bangsa Indonesia lupa mengajarkan kepada anak tentang sejarah dan ketatanegaraan bangsa Indonesia. Untuk itu KPU mempersiapkan pada anak-anak pusat informasi demokrasi untuk mempersiapka pemilih pemula bagi mereka,” beber Joko.

Bupati Batang, H Wihaji mengatakan, Oemah pintar merupakan salah satu Media Center yang merupakan pusat Informasi dan pendidikan pemilih yang ada di Kabupaten Batang. Dan ini juga merupakan salah satu program percepatan pembangunan pada bidang Informasi, sehingga bersinergi dengan pemerintah daerah.

“Salah satu program pemerintah daerah adalah meningkatkan dan mengoptimalkan teknologi untuk bisa melayani masyarakat. Dan terobosan yang dilakukan KPU Batang ini tentu sebuah karya inovatif dan kreatif dalam memberikan layanan informasi tentang demokrasi yang harus menjadi pemahaman bagi semua warga Kabupaten Batang,” kata Wihaji.

Ia juga menuturkan Oemah pintar ini dan aplikasi Cilukba memberikan informasi data yang penting sekali bagi generasi muda terutama bagi pelajar. “Saya akan menghimbau bagi sekolah–sekolah khususnya untuk mata pelajaran PPKN agar bisa belajar ke KPU. Disini siswa bisa belajar dan melihat proses demokrasi di Indeonesia, dan demokrasi di Kabupaten Batang, karna ini sangat penting untuk mengetahui sejarah demokrasi di Indeonesia,” tandas Bupati. (don)

Penulis & Redaktur: Dony Widyo