Bisnis Probis

Ingin Kembangkan Usaha

FX Bernadi Sanyoto PhD, Pemilik Limun Oriental Cap Nyonya
FX Bernadi Sanyoto PhD, Pemilik Limun Oriental Cap Nyonya

PENGUSAHA muda kelahiran Pekalongan, FX Bernadi Sanyoto PhD berhasil menyelesaikan studi S3 di Seoul, Korea Selatan. Saat ini ia ingin mengembangkan usaha Minuman Ringan Beruap Oriental Cap Nyonya yang sudah ada sejak tahun 1920 milik kakek buyutnya.

Bernadi lama tinggal di Jakarta, kemudian tinggal di Semarang sampai tahun 2009 untuk menyelesaikan studi S1 di Tenik Kimia Universits Diponegoro. Selanjutnya ia mendapat beasiswa studi lanjut S2 dan S3 di Seoul, Korea Selatan selama enam tahun. Ia mengambil riset material sains polimer conductivity, yakni material untuk membuat barang elektronik.

Pada bulan Februari 2017 Bernadi pulang ke Pekalongan, ia melihat usaha kakek buyutnya hampir sekarat. Padahal peluang dan prospeknya masih ada, usaha ini sekadar jalan apa adanya.

“Saya mencoba untuk membenahi sisi manajemen dan pemasaran, selama enam bulan ini sudah meningkat 100%,” terang pria yang berencana menikah November mendatang.

Lelaki yang terlahir kembar ini berencana membuka pabrik yang lebih SNI. Selain itu juga akan diberikan cap halal. “Rencananya akan kami bangun di Kawasan Industri Kendal, kemudian karena cikal bakal pabrik di sini, gedung di Jalan Rajawali ini akan kami jadikan museum,” ungkapnya.

Bernadi mengaku, sebenarnya orang tuanya menginginkan Bernadi menjadi dosen atau kerja di luar negeri, tetapi ia terlalu menyayangkan jika Oriental tidak ada yang mengurusi. “Akhirnya saya putuskan untuk mengembangkan usaha ini,” katanya.

Dituturkan, ia berbisnis saham di bursa efek. Ia belajar strategi dan keuangan sebuah perusahaan. “Saya menyukai bisnis sejak lama, sejak tahun 2008 saya meangenal saham, saat ini beberapa saham di perusahaan saya miliki, ke depannya harapannya semoga meningkat,” ujarnya.

Lelaki yang hobi jalan-jalan ini belajar bisnis dengan mengikuti seminar-seminar, melihat di youtube dan membaca buku. “Saya masih perlu banyak belajar mengenai saham,” katanya.

Sosok yang menginspirasi Bernadi ialah investor saham Lo Kheng Hong asal Jakarta, seorang investor yang sukses di Indonesia. Bernadi ingin sukses di dunia bisnis. (mg4)

Penulis: LAILATUL MAFIYAH | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Tags

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *