Featured Nasional News

Melihat Persiapan Rumah Makan Tempat Jokowi Bersantap

*Kepiting Tak Pakai Bawang Putih, Koki Diawasi BPOM

Sterilisasi lokasi yang akan dikunjungi Presiden RI, Jokowi bersama istrinya, Iriana dan rombongan tidak hanya dilakukan di lokasi kegiatan seperti Lapangan Agatis dan halaman Pemkab Bulungan serta Masjid Agung Istiqomah, tapi juga rumah makan Laka-Laka yang ditunjuk sebagai penyedia hidangan makan siang orang nomor satu di Indonesia itu. DEWI IKAWATI,Tanjung Selor

Melihat Persiapan Rumah Makan Tempat Jokowi Bersantap
MAKAN SIANG – Rumah makan Laka Laka ini ditunjuk sebagai tempat yang menyediakan dan lokasi Presiden jokowi saat makan siang ketika melakukan kunjungan ke Bulugan.
RADAR TARAKAN

Laka-Laka merupakan rumah makan yang baru beroperasi sekira satu tahun lalu. Meski begitu rumah makan yang berada di Jalan Jeruk ini sudah dikenal, sehingga tak diherankan banyak pejabat yang menjadikan Laka-Laka sebagai tempat makan.

Nah, setelah beberapa kali pejabat dari Jakarta, termasuk beberapa menteri yang sempat menyicipi hidangan yang diracik koki Deden, kali ni giliran orang nomor satu di Indonesia, Jokowi.

Tentu rasa guguppun dialami koki yang mengaku sudah empat tahun menjalani profesinya di Tanjung Selor. Apalagi, untuk RI 1 ini harus benar-benar steril. Bahkan, untuk semua makanan yang dihidangan ke Presiden wajib diperiksa oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

“Setiap masakan diperiksa dulu sama BPOM,” kata Deden kepada www.radarpekalongan.com Kaltara usai hidangan makan siang Jokowi selesai. Dari pengawasan yang dilakukan BPOM, koki dilarang menggunakan bawang putih terutama untuk campuran kepiting, dikhawatirkan ada kontraksi senyawa bawang putih dengan kepiting.

Namun pada umumnya, dari 18 hidangan yang lolos BPOM hampir semua disantap rombongan presiden. “Kami tidak bisa memastikan, makanan yang disantap Presiden. Karena setelah antar makanan langsung keluar disterilkan,” ujarnya, seraya mengatakan untuk membuat hidangan makan siang RI 1 melibatkan 4 koki dan 4 koki pembantu.

Menu yang disiapkan Laka-Laka merupakan yang direkomendasikan Pemprov Kaltara tak ada menu pesanan khusus dari Presiden.

“Alhamdulillah, hasilnyapun memuaskan, Presiden sempat bilang terima kasih, makanannya enak kepada saya sebelum pulang,” tambah Pemilik Laka-Laka, Nuwandy.

Padahal, aku pria yang akrab disapa Iwan ini, persiapan cukup mendesak karena H-2 kedatangan Jokowi baru diinfokan ke pihak Laka-Laka. Meski mepet, pelayanan maksimal tetap diberikan.

Pasca dikunjungi rombongan Presiden, tak ada hal lain yang akan dilakukannya selain memajang foto rombongan di ruang makan. Dengan rumah makan yang dikelolanya bisa lebih laris.

Selain harus menggunakan es yang dibuat sendiri Laka-Laka, sebelum rombongan Presiden datang, Laka-Laka juga disteril denga memeriksa seluruh sudut ruang makan untuk menghindari terjadinya sesuatu hal yang tak diinginkan.(***/ana)

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *