Metro Pendidikan

Siswa Semarang Kunjungi Museum Batik

Siswa Semarang Kunjungi Museum Batik
DISKUSI – Siswa-siswi SMP Pangudi Luhur Semarang mendengarkan presentasi dari instruktur di sela-sela mengunjungi bagian-bagian museum batik.
MALEKHA / RADAR PEKALONGAN

*SMP Pangudi Luhur Semarang

KOTA – Budaya batik menjadi ciri khas budaya Indonesia yang mendunia. Bahkan salah satunya Kota Pekalongan menjadi Kota Kreatif dunia dari UNESCO dari kreativitas budaya batiknya. Maka tak heran banyak masyarakat yang turut mengagumi budaya batik Kota Pekalongan.

Demikian disampaikan Waka Kesiswaan SMP Pangudi Luhur Semarang, Alfon kepada www.radarpekalongan.com saat mengunjungi Museum Batik Pekalongan, Selasa (10/10).

“Kunjungan ini memang menjadi salah satu program di sekolah kami, rutin setiap tahun ada, kunjungan ini merupakan study tour yang tidak hanya bersifat wisata. Namun juga harus ada edukasinya. Nah kammi rasa Kota Pekalongan ini adalah kota yang tepat untuk mengedukasi ssiswa kami tentang budaya asli nusantara yaitu batik,” ungkap Alvon.

Mendaptakan ilmu pengetahun di Kota Pekalongan, tentunya menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi siswa. Karena ternyata banyak hal dari budaya nusantara yang belum diketahui oleh siswa secara mendalam. “Yang jelas, dari kunjungan ini kami mendapatkan banyak pengetahuan. Bahkan juga inspirasi untuk membuat tugas karya tulis pasca sstudi tour ini lebh berwarna,” imbuhnya.

Tak hanya sebatas ilmu secara teori saja, namun pengalaman langsung juga dibutuhkan dalam membangun karakter cinta tanah air. Karena berangkat dari cinta budaya maka akan mencintai negaranya.

“Kami berharap, ini menjadi sebuah upaya perbaikan untuk menjadi lebih baik. Membentuk generasi yang tidak hanya modern namun juga mencintai budaya dan negaranya,” pungkas Alfon. (mal)

Penulis: Malekha | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *