Kajen Politik

Pengawasan Pendaftaran Parpol

Pendaftaran Parpol
PENGAWASAN – Panwas Kabupaten Pekalongan melakukan pengawasan proses pendaftaran parpol.
MUHAMMAD HADIYAN

Memasuki hari ke sembilan pendaftaran partai politik calon peserta pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pekalongan melakukan pengawasan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan. Parpol memiliki waktu pendaftaran selama 14 hari mulai 3 – 16 Oktober 2017.

Berdasarkan pengawasan Panwas Kabupaten Pekalongan, pendaftaran dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Hanya saja, sesuai dengan PKPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, pendaftaran hari terakhir dibuka mulai pukul 08.00 sampai dengan 24.00 WIB.

Ketua Panwas Kabupaten Pekalongan, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Ahmad Dzul Fahmi mengatakan, proses pengawasan dilakukan intensif selama masa pendaftaran berlangsung. Pengawasan dilakukan untuk memastikan proses pendaftaran berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami berharap KPU Kabupaten Pekalongan bisa menjalankan tugas dan perannya dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sehingga semua parpol bisa terfasilitasi dengan baik,” kata Fahmi.

Ia menambahkan, pengurus parpol juga diminta untuk proaktif berkoordinasi dengan KPU Pekalongan agar proses pendaftaran dan verifikasi berjalan lancar. “Pengurus parpol bisa memanfaatkan waktu pendaftaran dengan sebaik-baiknya, agar semua berjalan dengan lancar,” terangnya.

Hingga Rabu (11/10) kemarin, Panwaskab Pekalongan mengamati secara langsung proses verifikasi yang dilakukan oleh KPU. Ada dua Parpol yang datang ke KPU Kab Pekalongan untuk melakukan pendaftaran yaitu dari Partai PERINDO dan PDI-P.

Dari serangkaian proses pendaftaran yang dilakukan oleh masing-masing Parpol berjalan dengan lancar, dan tampak dari masing-masing parpol dihadiri oleh ketua maupun anggota parpol, baik dari PDI-P maupun Partai Perindo sebagai bentuk kekompakan dan komitmen mereka untuk maju sebagai peserta pemilu 2019. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *