Metro News Politik

Daftar ke KPU, PDIP Kota Pekalongan Targetkan 9 Kursi

PDI P Kota Pekalongan Daftar ke KPU
SERAHKAN SYARAT – Ketua DPC PDIP Kota Pekalongan, Titik Restuningsih saat mendaftarkan partainya ke KPUD sebagai parpol peserta Pemilu 2019, Rabu (12/10).

KOTA PEKALONGAN – Serentak bersama kepengurusan tingkat provinsi dan pusat, DPC PDIP Kota Pekalongan, Rabu (11/10) resmi mendaftarkan diri ke KPUD sebagai parpol peserta Pemilu 2019.

Dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDIP Kota Pekalongan, Titik Restuningsih, rombongan PDIP hadir ke KPU sekitar pukul 14.00. Mereka diterima langsung oleh Ketua KPUD Kota Pekalongan, Basir SH dan jajaran komisioner lainnya. Setelah penerimaan, langsung dilakukan penyerahan syarat secara resmi sebagai bagian dari proses pendaftaran parpol peserta pemilu.

Ketua DPC PDIP, Titik Restuningsih mengatakan, sesuai instruksi dari pusat, seluruh jajaran kepengurusan PDIP di semua tingkatan mulai dari pusat, provinsi dan kabupaten kota, melakukan pendaftaran ke KPU hari ini (Rabu 11/10). “Sesuai instruksi hari ini secara serentak PDIP mendaftarkan diri ke KPU. Termasuk kami DPC PDIP Kota Pekalongan,” tuturnya didampingi Ketua Fraksi PDIP, Edi Supriyanto, Wakil Ketua DPC PDIP, Karya Budiman dan jajaran struktural DPC lainnya.

Sebelum hadir langsung menyerahkan seluruh persyaratan administrasi, dikatakan Titik, sebelumnya PDIP telah mendaftarkan diri lewat sistem online. PDIP membawa sebanyak 419 KTA sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi. “Untuk jumlah KTA yang kami serahkan yakni sebanyak 419. Jumlah itu sudah memenuhi jumlah minimal KTA yang harus diserahkan yakni satu per 1000 dari jumlah penduduk Kota Pekalongan,” jelasnya lagi.

Usai pendaftaran, sambung Titik, PDIP akan mulai bergerak mempersiapkan diri menghadapi Pemilu 2019. Ia menegaskan untuk tahun 2019, PDIP Kota Pekalongan menargetkan meraih sembilan kursi DPRD. Target jumlah tersebut bukan tanpa dasar, naiknya jumlah alokasi kursi di Kota Pekalongan dari 30 menjadi 35 membuat PDIP yakin dapat mengejar jumlah target tersebut. “Karena jumlah kursi naik menjadi 35, target kami sama dengan tahun 1999, yakni sembilan kursi,” tambahnya.

Untuk itu mulai saat ini pihaknya sudah mulai menggerakkan seluruh jajaran struktur dan kader PDIP guna mempersiapkan diri mendghadapi pemilu 2019. Salah satu tahapan yang akan dilakukan adalah membuka pendaftaran dan penjaringan calon legislatif yang akan maju pada pemilu mendatang. Dikatakan Titik, PDIP membuka ruang bagi siapapun yang ingin maju sebagai caleg dari PDIP.

“Siapapun bisa mendaftarkan diri sebagai caleg dari PDIP. Termasuk yang sebelumnya bukan kader, kami persilakan untuk mendaftarkan diri sebagai kader dan maju menjadi caleg dari PDIP. Asalkan memang ada usulan dari ranting dan PAC kami membuka diri untuk siapa saja yang ingin maju,” kata Titik.

Terpisah, Ketua KPU Kota Pekalongan Basir mengatakan bahwa hingga Rabu (11/10), baru ada dua parpol yang resmi mendaftarkan diri yakni Partai Perindo dan PDIP. “Hingga hari ini sudah dua parpol yang mendaftar. Kemarin Perindo, hari ini PDIP. Parpol lainnya baru sekedar komunikasi dan konsultasi dengan KPU,” tandasnya. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *