Metro Politik

Syarat Minimal Usia PPK dan PPS Diturunkan

PPK PPS
SOSIALISASI – KPUD Kota Pekalongan menggelar sosialisasi pendaftaran PPK dan PPS yang akan mulai dibuka pada 13 Oktober 2017.
M. AINUL ATHO

Dari 25 tahun menjadi 17 tahun

KPUD Kota Pekalongan mulai membuka pendaftaran bagi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemungutam Suara (PPS) Pilgub 2018 mulai besok (Jumat 13/10).

Terdapat perubahan syarat bagi para calon pendaftar yang berbeda dengan pendaftaran PPK PPS sebelumnya yakni batasan usia minimal. Sebelumnya usia minimal PPK dan PPS adalah 25 tahun, namun untuk tahun ini usia minimal diturunkan menjadi 17 tahun.

Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rahmi Rosyada yang ditemui di sela-sela kegiatan sosialisasi penerimaan PPK dan PPS, Rabu (11/10) di Kantor KPU.

Rahmi mengatakan, diturunkannya usia minimal pendaftar demi menjaring lebih banyak calon PPK dan PPS, sehingga dapat memenuhi kuota minimal pendaftar. “Sebelumnya sering terjadi kekhawatiran jumlah pendaftar, khususnya untuk PPS, karena usia minimal 25 tahun. Semoga dengan diturunkannya syarat minimal usia pendaftar bisa menjadi solusi dari masalah tersebut. Karena untuk PPS jumlah pendaftar minimal enam orang dari kebutuhan PPS tiga orang per kelurahan. Karena tiga sisanya yang tidak terpilih akan menjadi cadangan ketika ada PAW,” terang Rahmi.

Sedangkan untuk jumlah kebutuhan PPK, ia menerangkan bahwa per kecamatan akan dipilih empat orang anggota PPK. Dalam rekrutmen PPK sebelumnya, yakni dalam Pilkada 2015 lalu jumlah pendaftar PPK relatif dapat memenuhi syarat jumlah minimal pendaftar. “Untuk PPK sebelumnya relatif tidak ada masalah terkait dengan usia. Jumlah pendaftar bisa memenuhi kuota minimal,” tambahnya.

PPK dan PPS

Selain syarat usia, hal lain yang perlu diperhatikan yakni masalah batasan periodesasi calon PPK dan PPS. Calon pendaftar maksimal dibatasi dua kali periode penyelenggaraan pemilu baik dalam Pilkada maupun Pileg. Calon pendaftar yang sudah pernah dua periode menjadi PPK maupun PPS, dikatakan Rahmi tidak bisa mendaftar kembali. Ia berharap, adanya perubahan usia minimal pendaftar juga dapat menyeimbangkan aturan batasan dua periode bagi calon pendaftar.

Selanjutnya, juga terdapat persyaratan khusus bagi calon pendaftar yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN atau BUMD yakni harus mendapatkan izin tertulis dari atasan yang ada di instansi asal ASN maupun pegawai BUMN atau BUMD. “Minimal ada surat izin dari atasannya langsung. Surat izin tersebut harus diserahkan saat pendaftaran,” tambahnya.

Mengenai masa tugas PPK dan PPS, ia menjelaskan bahwa sesuai ketentuan PPK dan PPS bertugas maksimal selama delapan bulan yakni sejak enam bulan sebelum pemungutan suara dan dua bulan pasca pemungutan suara. “Kita bicara ketentuan maksimal dulu. Sehingga jika terdapat perubahan bisa dilakukan penyesuaian,” tutur Rahmi.

Periode pendaftaran PPK akan mulai dibuka pada 13 Oktober 2017 sampai dengan 17 Oktober 2017. Sementara untuk PPS mulai dibuka 13 Oktober 2017 hingga 1 Nopember 2017. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Tags

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *