Kendal News

10 Rawan Banjir, 11 Longsor

Pemetaan
PETAKAN – BPBD Kabupaten Kendal memetakkan daerah rawan bencana.
NUR KHOLID MS

BPBD Petakan Daerah Rawan Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal memetakkan daerah rawan bencana seperti bencana banjir di sepuluh kecamatan. Kesepuluh kecamatan yakni Patebon, Kangkung, Rowosari, Kota Kendal, Gemuh, Brangsong Kaliwungu, Kaliwungu Selatan, Ngampel dan Weleri.

Sedangkan daerah lawan longsor ada sebelas kecamatan yakni Patebon, Kangkung, Rowosari, Kota Kendal, Gemuh, Brangsong Kaliwungu, Kaliwungu Selatan, Ngampel dan Weleri .

Kepala BPBD Kabupaten Kendal Sigit Sulistyo, menghimbau agar masyarakat lebih waspada jika terjadi hujan deras yang berpotensi longsor dan angin puting beliung. Dikatakan, ada sebelas titik yang rawan banjir, yakni di Kecamatan Kendal, Ngampel, Kaliwungu, kaliwungu Selatan,Patebon, Cepiring, Weleri, Kangkung, Rowosari,Sukorejo, patean dan Brangsong.

“Informasi dari BMKG Semarang, cuaca untuk Jawa Tengah bagian selatan diperkirakan akan berakhir bulan September, untuk Jawa Tengahah bagian utara diperkirakan bulan Nopember akan terjadi banjir,” kata dia.

Pihaknya sudah melakukan sosialiasai di daerah yang rawan bencana melalui kepala desa. Selain BPBD sudah melakukan pembinaan daerah tanggah bencana, yang mana warga tersebut sudah di latih cara mengatasi bencana baik banjir maupun longsor. Bahkan untuk Kabupaten Kendal ada bantuan dari BNPB, ierly worning system (IWS) yang di pasang di desa cening Kecamatan Singorojo.

“Alat tersebut akan mendeteksi jika terjadi longsor maka alat tersebut akan berbunyi,” tandas dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *