Kendal

Hutang Pedagang Pasar Pagi Dibebaskan

Tamzis Berbagi
PEMBIAYAAN – Lembaga keungan Tamzis membebaskan sisa pembiayaan bagi 31 pedagang Pasar Pagi Kaliwungu.
NUR KHOLID MS

Senilai Rp 117 Juta

Lembaga keungan Tamzis membebaskan sisa pembiayaan bagi 31 pedagang Pasar Pagi Kaliwungu yang menjadi korban kebakaran di pasar tersebut. Total pembiayaan yang dibebaskan mencapai Rp 117 juta yang nilainya variatif mulai dari Rp 1-30 juta.

Manager Taawun Tamzis, Tri Wuryanto, didampingi Manager Tamzis area Kendal Naryanto, menyampaikan hal itu dalam acara Tamzis pedulu dengan tema “Tamzis Berbagi, Indahnya Ekonomi Syariah” yang digelar di Aula Kecamatan Kaliwungu, kemarin.

“Dari 400 pedang yang terkena musibah kebakaran, ada 31 anggota yang memiliki pembiayaan di Tamzis. Melalui devisi taawun Tamzis melakukan pembebasan atau penghapusan sisa pembiayaan, karena dalam akad mudharobah, Tamzis juga memiliki konsekuensi bagi rugi bila terjadi musibah,” kata dia.

Tri Wuryanto mengungkapkan, sebenarnya Tamzis membentuk dana cadangan untuk kerugian anggota yang disebut dana taawun yang dihimpun secara nasional, yakni 0,6 persen dari pembiayaan.

Dikatakan, di Kendal pihaknya melayani lima pasar yaitu Kaliwungu, Brangsong Sukodono, Pasar Pagi Kaliwungu dan Gladak. “Belum lama ini Pasar Pagi Kaliwungu terbakar sehingga kami ikut menanggung beban pedagang juga,” terang dia.

Salah satu pedagang Pasar Pagi Kaliwungu yang meneriman pembebasan pembiayaan, Sulimah (56) mengaku sangat senang hutangnya Rp 2 juta dibebaskan. Menurutnya, dagangan pakaiannya ikut terbakar 50 persen saat kebakaran Pasar Pagi Kaliwungu. “Kami sangat senang dan sangat terbantu dengan pembebasan pembiayaan ini,” ujarnya. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *