Kendal

Hewan ke Kapal Diperiksa

Hewan Diperiksa
DIBOLEHKAN – Hanya hewan yang telah mendapatkan Surat Kesehataan dari Balai Konsrvasi yang diperbolehkan masuk kapal.
NUR KHOLID MS

Semua jenis hewan yang akan dibawa ke kapal di Pelabuha Tanjung Kendal harus dilakukan pemeriksaan. Tak hanya itu, produk-produk dari hewan, seperti telur, susu dan daging juga dilakukan pemeriksaan. Hanya hewan yang telah mendapatkan Surat Kesehataan dari Balai Konsrvasi yang diperbolehkan masuk kapal. Pemeriksaan dilakukan untuk mencegah adanya penyakit yang dibawa oleh hewan-hewan tersebut.

“Jika penumpang tidak menunjukkan Surat Kesehatan Hewan, maka hewan ditahan atau dikarantina selama tiga hari,” kata dr hewan Giyono Trisnahadi dari Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Semarang, Rabu (11/10).

Agus Solichin, Asisten Paramedis menambahkan, selama ini hewan-hewan yang masuk ke pelabuhan Kendal belum ada yang bermasalah atau membawa penyakit berbahaya. Juga belum ditemukan jenis hewan langka yang dilindungi. Petugas dari Balai Karantina Semarang belum berkantor tiap hari di Pelabuhan Kendal. Pasalnya jadwal pemberangkatan dan kedatangan kapal di Pelabuhan rata-rata hanya seminggu sekali.

“Kami berkantor di Semarang dan datang ke Pelabuhan Kendal tiap kali ada pemberangkatan dan kedatangan kapal untuk melakukan pemeriksaan,” kata dia.

Saat pemeriksan, petugas menemukan 70 ekor burung berbagai jenis, di antaranya parkit dan pleci yang dimasukan dalam keranjang. Burung-burung tersebut sudah dilengkapi dokumen dan surat keterangan kesehatan. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *