Kendal

Petugas Perketat Penjagaan Pelabuhan

Penjagaan Pelabuhan
PEMERIKSAAN – Petugas melakukan pemeriksaan intensif terhadap barang-barang yang akan diangkut melalui Pelabuhan Tanjung Kendal.
NUR KHOLID MS

Antisipasi Membawa Barang Terlarang

Petugas gabungan, terdiri atas polisi, ASDP Indonesia Ferry, Dinas Perhubungan, maupun Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan memperketat penjagaan dengan melakukan pemeriksaan intensif terhadap barang-barang yang akan diangkut melalui Pelabuhan Tanjung Kendal. Pasalnya, pelabuhan yang berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu tersebut, merupakan salah satu pintu masuk di Kabupaten Kendal selain melalui jalur darat. Keberadaan pelabuhan tersebut bisa meningkatkan ekspor impor. Kendati begitu, tidak menutup kemungkinan digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membawa masuk/keluar barang terlarang.

Kasat Polair Polres Kendal, Iptu Ruslan, mengatakan, penyelundupan barang berbahaya dan ilegal tidak menutup kemungkinan dilakukan lewat laut. Petugas pun melakukan pemeriksaan dengan ketat. Pemeriksaan tidak hanya barang yang dibawa, namun surat kelengkapan perjalanan.

“Semua truk yang lewat pelabuhan ini kami periksa. Pemeriksaan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi, penyelundupan barang ilegal dan berbahaya yang diangkut truk. Satu persatu truk diperiksa termasuk surat kelengkapan perjalanan yang dikeluarkan dari dinas terkait,’ kata dia, Rabu (11/10).

Supervisor PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Jepara Perwakilan Kendal, Imron mengatakan, pemberangkatan KMP Kalibodri dengan tujuan Kumai, Kalimantan Tengah untuk Oktober ini hanya satu kali setiap pekan.

“Kebanyakan yang diangkut kapal truk yang bermuatan seperti sembako yang akan dikirim ke Kalimantan. Setidaknya ada 15 truk besar yang kami berangkatkan,” kata dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *