Metro Pendidikan

Hafal Juzamma Dapat Sertifikat

Shohibah, Kepala MII Simbang Wetan
Shohibah, Kepala MII Simbang Wetan

BUARAN – Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah (MII) Simbang Wetan mengadakan program hafalan Juzamma secara bertahap mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Jika siswa berhasil menghafal juzamma secara keseluruhan, sekolah akan memberikan sertifikat piagam kepada siswa tersebut.

Demikian disampaikan Kepala MII Simbang Wetan, Shohibah kepada Radar (11/10).

“Nanti kita beri sertifikat, seperti piagam sebagai bukti bahwa siswa tersebut telah menghafal juzamma. Diharapkan tidak melupakan hafalannya dan bisa meneruskan hafalannya sampai 30 juz,” ujar Bu Ibah, sapaan akrabnya.

Dijelaskan, hafalan juzamma dibagi ke dalam enam tahapan sesuai dengan tingkat kelas. Siswa kelas 1 akan menghafal surat Al-Fatihah, An-Nas hingga Al-Kafirun. Hafalan akan dilanjutkan sampai surat An-Naba’ pada kelas 6. Setiap siswa mengajukan hafalan mereka kepada wali kelas setelah jam pelajaran selesai.

Disebutkan, program hafalan juzamma ini diterapkan ketika Shohibah mulai menjabat sebagai kepala sekolah pada tahun 2012. Program ini merupakan usulan dari pengurus yayasan untuk menarik minat orang tua agar menyekolahkan anaknya di sini.

“Sekarang masyarakat kan mencari dan memilih sekolah yang berkualitas, yang punya program bagus. Nah dari itu, pengurus mengusulkan untuk membuat program hafalan juzamma. Supaya ada murid lulusan sini yang hafal juzamma juga,” lanjutnya.

Shohibah menceritakan bahwa pada tahun pertama program ini diterapkan terdapat dua siswa yang dinyatakan lulus hafalan. Setiap tahun, jumlah siswa yang dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat tidak menentu. Hal ini dikarenakan program hafalan juzamma merupakan kegiatan ekstrakulikuler, sehingga tidak mewajibkan semua murid untuk bisa menghafal penuh.

“Karena ini kegiatan ekstra, tidak kita wajibkan. Kalau kita wajibkan semua, khawatir banyak anak yang memang tidak mampu malah kita paksakan. Setiap anak kan mempunyai kecerdasan yang berbeda. Hanya saja kita berusaha untuk memberikan jalan yang baik bagi mereka,” tutur kepala sekolah yang telah menjabat selama tujuh tahun ini. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *