Kajen Pendidikan

Alokasikan Dana Desa untuk Honor PAUD dan TPQ

Ciswo, Kades Klunjukan, Kec Sragi, Kab Pekalongan
Ciswo, Kades Klunjukan, Kec Sragi, Kab Pekalongan

SRAGI – Pemerintah Desa Klunjukan Kecamatan Sragi alokasikan Dana Desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD Desa) tahun 2017 sebesar total Rp6.800.000 untuk honor pengajar PAUD dan TPQ milik Desa.Sejak adanya anjuran pendirian POS PAUD atau KB oleh Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) pada saat itu, yakni Arini Harimurti yang pada tahun 2009 berkedudukan sebagai istri Bupati Ahmad Antono.

Saat itu pula Pemerintah Desa Klunjukan Kecamatan Sragi ikut mendirikan POS PAUD yang menjadi PAUD satu-satunya di Desa Klunjukan Kecamatan Sragi ini.

Saat ini, PAUD Desa Klunjukan memiliki 4 orang Guru Honorer atau berstatus wiyata bhakti. “Dana yang dianggarkan untuk tiap-tiap guru memang kecil, hanya Rp100.000 per bulan atau jika diakumulasi menjadi Rp1.200.000 untuk satu tahunnya,” terang Kepala Desa Klunjukan, Ciswo (35), ketika ditemui Radar Pekalongan di Kantor Balai Desa Klunjukan, Selasa (10/10).

Jika ditotal dengan adanya 4 orang guru, pemerintah Desa memberikan Dana sejumlah Rp4.800.000 per tahun untuk PAUD Desa. Jumlah tersebut tercatat sangat kecil, sehingga menurut penuturan Ciswo, para pelaku pendidikan PAUD merupakan pahlawan sejati yang orientasinya memang murni pada kegiatan sosial.

Selain PAUD, pemerintah juga menganggarkan Dana Desa untuk honor guru TPQ di desa setempat. Desa Klunjukan memiliki 3 Taman Pendidikan Alquran, yakni TPQ Al Ikhlas, TPQ Al Furqon, serta TPQ Al Mustaqim.

Pihaknya menganggarkan total sebesar Rp2.000.000 per tahun untuk diberikan kepada para pengajar di ketiga TPQ ini. Jumlah tersebut tercatat lebih sedikit dibandingkan jumlah yang dianggarkan untuk Guru PAUD.

Harapannya dengan adanya bantuan tersebut dapat lebih meningkatkan semangat kepada para pahlawan-pahlawan bidang pendidikan tersebut. “Sebab, memang mereka bekerja yang dikejar bukan dari sisi materialnya tapi dari pahalanya,” tandas Kepala Desa yang akan menjabat hingga tahun 2022 ini.(mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *