Metro Pendidikan

Siswa TK Praktek Manasik Haji

Siswa TK Praktek Manasik Haji
AKTIVITAS – Salah satu tata cara ibadah haji yaitu berkunjung ke makan nabi Ibrohim, anak-anak terlihat membaca doa sesuai tuntunan para pendidik.
MALEKHA / RADAR PEKALONGAN

*TK/RA Masyitoh se Kota Pekalongan

KOTA – Banyak moment yang bisa dijadikan pembelajaran dalam dunia pendidikan, salah satunya belajar manasik haji untuk mengajarkan tata cara manasik haji secara sempurna.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Manasik Haji TK/RA Masyitoh se Kota Pekalongan, Khusnul Khamidah kepada www.radarpekalongan.com di Alun-alun Kota Pekalongan, Rabu (11/10). “Manasik haji ini menjadi salah satu poin pembelajaran yang harus disampaikan kepada anak-anak kami, karena banyak ibroh dalam pelaksanaanya, mulai dari kesabaran, ketertiban dan kegigihan,” ungkap wanita yang akrab disapa Khusnul ini.

Selain itu, pembelajaran latihan manasik haji ini menjadi salah satu cara bagi pihaknya, untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran langsung kepada anak tentang ibadah haji, dan menanamkan pada mereka untuk sedari dini keinginan untuk pergi berhaji.

“Manasik haji ini sangat penting, selain pembelajaran langsung yang menjadi daya tarik siswa, kami ingin mereka lebih tahu banyak tentang bagaimana ibadah haji dan setelah itu tertanam pada diri mereka keinginan untuk berhaji,” ujarnya.

Selain manasik haji, bulan ini difokuskan tema pembelajaran tentang Idul Adha, semua detail materi tentang bulan Idul Adha dikupas tuntas kepada siswa.

“Kami memang satu bulan ini mengajari siswa-siswi tentang apa saja yang bersentuhan dengan Idul Adha, mulai dari pengenalan hewan apa saja yang diperbolehkan untuk kurban, bagaimana doanya, sholat Idul Adha, dan doa-doa serta kegiatan saat berhaji,” imbuh Khusnul. (mal)

Penulis: Malekha | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *