Kajen Pendidikan

SD Muhammadiyah Kajen Outing Class Mengenal Alam

Outing Class Mengenal Alam
OUTING CLASS – Kegiatan Outing Class yang dilakukan SD Muhammadiyah Kajen di Deswita Pandansari Batang. Mereka belajar mengenal alam sekitar salah satunya lewat kegiatan menanam padi.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

KAJEN – Pembelajaran di kelas terkadang terasa membosankan. Apalagi di tengah penggunakan Kurikulum 2013 perlu adanya pembelajaran yang mengenalkan pengetahuan melalui pengamatan di lingkungan. Oleh karenanya SD Muhammadiyah Kajen rutin menyelenggarakan outing class.

Selain untuk mengenal alam sekitarnya, anak-anak dapat mengamati secara langsung apa yang selama ini mereka pelajari di kelas. Demikian disampaikan Kepala SD Muhammadiyah Kajen, Mustariadi SPdI saat diwawancarai, Rabu (11/10).

“Outing Class ini upaya kami mengenalkan anak-anak pada alam di sekitarnya. Karena tidak selamanya anak-anak hidup di sekolahan atau di kelas. Mereka juga perlu mengetahui secara langsung tentang apa yang dipelajari di sekolah. Agar mereka punya pengalaman dalam mengetahui suatu hal, sehingga jika ada suatu permasalahan mereka dapat mebcari penyebabnya dan mengatasinya,” terangnya.

Outing Class ini menjadi kegiatan wajib sekolahnya. Di jeda semester kali ini pihaknya mengunjungi beberapa tempat untuk kegiatan outing class ini. Seperti Desa Wisata Pandansari Batang, Museum Batik Pekalongan, Lapangan Nasional Kajen, Outbound Centre Linggo Asri dan Pembibitan pohon di Karanganyar.

Selain itu diharapkan tumbuh semangat belajar, dan pengembangan siswa. Sehingga bisa juga menjadi sarana hiburan siswa dan mempererat chemistry antar sesama siswa, atau antara siswa dan guru di luar sekolah.

“Sampai saat ini outing class menjadi salah satu media pembelajaran paling efektif. Khususnya dalam penyampaian ilmu pengetahuan, karena di sini anak-anak tidak hanya belajar teori. Tapi dapat mempraktikan langsung. Jadi kami harap dengan ini anak-anak bisa benar-benar memahami apa yang selama ini mereka pelajari,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *