Jateng

Plt Wali Kota Tegal Apresiasi Film Turah

Nursholeh Apresiasi Film Turah
BERBINCANG – Plt Wali Kota Tegal Nursholeh berbincang dengan para pemain film Turah, beberapa waktu lalu.
K. ANAM SYAHMADANI

FILM Turah garapan sineas muda Kota Tegal yang dipilih mewakili Indonesia di Accademy Awards atau Piala Oscar 2018 tiada henti-hentinya mendapatkan apresiasi. Kali ini, apresiasi dilontarkan langsung Plt Wali Kota Tegal Nursholeh saat menerima para pemain film Turah di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu. Nursholeh juga megungkapkan rasa bangganya.

Pejabat yang akrab disapa Kang Nur mengaku sudah beberapa kali menyaksikan film yang disutradarai Wicaksono Wisnu Legowo itu. Menurut dia, film Turah menyajikan sesuatu yang berbeda, mulai dari bahasa sampai kualitas aktor yang bagus. “Semoga dalam ajang Piala Oscar 2018 mendapat hasil yang baik,” ujar orang nomor satu di Kota Bahari ini.

Salah satu pemain film Turah, Rudi Iteng, menyampaikan film yang mengambil latar di Kampung Tirang, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat ini sukses memacu daerah lain. Beberapa daerah mulai menggarap film khas daerahnya masing-masing. “Daerah lain seakan menjadi latah,” ungkap pemeran Pakel dalam film berdurasi 83 menit tersebut.

Film Turah sempat diputar di beberapa bioskop di Indonesia dan mendapatkan sambutan hangat dari para pecinta film. Kampung Tirang yang dulunya jarang terjamah dan terisolasi dari hiruk pikuk selama bertahun-tahun, kini menjadi jujukan wisatawan. Orang-orang menjadi penasaran dan banyak yang datang berkunjung meski hanya untuk sekadar foto-foto.

Budayawan Yono Daryono menegaskan, kesuksesan film Turah membuktikan keunikan dan kekhasan bahasa Tegal yang bercirikan demokratik dan egaliter. “Penggunaan bahasa Tegal dalam ranah sastra dan seni pertunjukan, telah meningkatkan apresiasi dan keberminatan masyarakat luas terhadap keunikan karakteristik bahasa, seni, budaya, dan sejarah Tegal,” ujar Yono. (nam)

Tags

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *