Jateng News

KPU Luncurkan Tahapan Pilbup

KPU Luncurkan Tahapan Pilbup
PUKUL KENTONGAN – Ketua KPU Kabupaten Tegal Sukartono MM dengan Bupati Tegal Enthus Susmono serta sejumlah anggota Forkopimda dan anggota KPU memukul jidor atau kentongan dalam acara peluncuran tahapan penyelenggaraan pilbup 2018, Selasa (10/10) malam.
YERRY NOVEL

SLAWI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal meluncurkan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Tegal, Selasa (10/10) malam. Peluncuran ini dipusatkan di Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) dengan ditandai pemukulan jidor atau kentongan oleh Ketua KPU Kabupaten Tegal Sukartono dan Bupati Tegal Enthus Susmono. Hadir dalam acara tersebut, perwakilan KPU Jawa Tengah Muslim, anggota Forkopimda Kabupaten Tegal, Sekda Kabupaten Tegal, Ketua Panwaskab, dan sejumlah kepala SKPD, serta ketua partai politik di Kabupaten Tegal. Dalam kesempatan itu, KPU juga menghadirkan artis bintang pantura Ratu Santika serta sejumlah penyanyi lokal lainnya. Tak heran, acara tersebut dipadati pengunjung hingga mencapai ribuan orang.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Tegal, Sukartono, acara peluncuran pilbup Tegal ini mengusung tema tentang ‘Pesta Rakyat Beda Pilihan sing Penting Brayan’. Dia berharap, partisipasi pilbup Tegal yang akan digelar pada 27 Juni 2018 nanti meningkat dibandingkan periode sebelumnya.

“Kita juga meluncurkan jingle dan maskot pilbup Tegal. Untuk maskotnya adalah Si Oci,” kata Sukartono yang belum lama ini telah menyelesaikan pendidikan strata 2 nya di Universitas Pancaksakti Tegal dengan gelar Magister Manajemen.

Dia menjelaskan, Si Oci yang berbadan besar itu merupakan tokoh kartun dengan inspirasi Poci minuman khas tradisional Tegal. Tubuh Si Oci berwarna orange dan putih. Menurut dia, orange menggambarkan jiwa yang bersemangat tinggi. Sedangkan putih, berimplikasi dengan hati dan pikiran yang bersih dalam menghadapi pilbup nanti.

“Kenapa Si Oci selalu tersenyum, karena itu melambangkan kebahagian warga masyarakat Kabupaten Tegal dalam menyambut pilkada 2018,” cetusnya.

Selain dihibur dengan penampilan Ratu Santika, masyarakat Kabupaten Tegal yang hadir dalam acara tersebut juga mendapatkan hadiah doorprise dari KPU. Hadiah itu berupa televisi, sepeda, kipas angin, uang tunai, dan sejumlah hadiah hiburan lainnya.

Sementara, Bupati Tegal Enthus Susmono berujar, dengan ditetapkannya tahapan ini, pihaknya meminta kepada semua pihak agar bekerja maksimal. Sehingga dapat meningkatkan partisipasi warga pemilih pada pilbup nanti. Dia tak ingin partisipasi warga pemilih seperti pada pilkada 2013 yang hanya sekitar 60 persen. Diharapkan, partisipasi lebih dari 80 persen. Tidak hanya itu, warga Kabupaten Tegal yang memiliki hak pilih tapi belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), jumlahnya cukup banyak. Yakni mencapai 112.000 jiwa. Padahal, syarat utama hak pilih harus ber-KTP-el, ber-NIK, atau minimal memiliki surat keterangan (suket) pengganti KTP-el.

“Itu harus disikapi serius agar partisipasi warga terhadap pilkada 2018 meningkat,” pintanya. (yer)

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *