Jateng

Oknum Rutan Dipecat Jika Terlibat Narkoba dan Pungli

Oknum Rutan Dipecat
SERTIJAB. Kepala Rutan Kelas II B Purworejo lama dan baru melakukan Sertijab dan pisah sambut di Aula Rutan setempat, kemarin.
DOKUMEN

PURWOREJO – Rumah Tahanan Negara (Rutan) harus bersih dari penyalahgunaan maupun peredaran narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (Narkoba). Juga harus bersih dari praktik pungutan liar (Pungli). Rutan sebagai tempat pembinaan bagi warga narapidana, harus dapat menjadikan warga binaan menjadi baik.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jateng Drs Djoni Priyatno BcIP MHum pada serah terima jabatan dan pisah sambut Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II B Purworejo, di Aula Baharuddin Lopa Rutan setempat, kemarin.

Djoni Priyatno menegaskan, jika ada oknum pegawai Rutan yang terlibat narkoba maupun pungli, maka akan menerima sanksi tegas. “Saya tidak akan main-main, kalau ada oknum yang bermain dengan narkoba dan pungli. Maka saya orang pertama yang akan memecat oknum bersangkutan. Untuk itu saya pesan berantas pungli juga narkoba,” tegasnya.

Menurutnya, dalam melaksanakan tugas memang berat. Semua harus mampu diselesaikan dengan baik, sehingga butuh orang yang kredibel dan inovatif. Perlunya melakukan kerja sama yang baik dengan stake holder yang ada melalui MoU untuk kemajuan rutan maupun masyarakat. “Pelayanan yang baik di Rutan agar terus ditingkatkan, supaya kedepan tidak ada lagi cemohoan terhadap Rutan,” ungkapnya.

Pelaksanaan Sertijab tersebut dilakukan dari Pejabat lama yakni Nana Herdiana BcIP SSos kepada Cahyono Adhi Satriyanto AMd IP SH selaku pejabat baru sebagai Kepala Rutan Purworejo. Nana Herdiana pindah tugas pada Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Adapun Cahyono Adhi Satriyanto sebelumnya bertugas di Lapas Nusakambangan Cilacap.

Sertijab dihadiri Bupati yang diwakilkan Asisten III Drs Muh Wuryanto MM, jajaran perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, tokoh masyarakat, dan instansi terkait.

Dalam sambutannya Muh Wuryanto berharap agar jalinan kerja sama yang baik dengan Pemkab Purworejo dapat terus ditingkatkan. “Karena ada beberapa lembaga yang kurang komunikasi dengan Pemkab, sehingga programnya kurang dipahami masyarakat. Untuk itu kami berharap lembaga yang ada bisa berkomunikasi dengan baik. Salah satu yang sudah menjalin komunikasi dengan Pemkab yakni Batalyon Mekanik 412 Purworejo, yang baru-baru ini berpartisipasi menurunkan alutsista seperti tank tempur berkeliling kota Purworejo dalam rangka parade budaya kabupaten Purworejo,” jelasnya.

Sementara itu, Cahyo Adhi Satriyanto mengaku ingin memberikan semangat muda di Rutan Purworejo, baik dalam pekerjaan maupun terobosan-terobosan baru untuk melaksanakan peningkatan pelayanan. “Dengan semangat muda dan kompak, tentu akan membawa hasil yang lebih baik. Saya percaya, kebenaran hanya datang dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Cahyo Adhi Satriyanto yang usianya memasuki 41 tahun. (top)

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *