Metro

Pemkot Minta Lembur Sejak Awal

Pasar Anyar
MULAI DIGARAP – Proyek lanjutan renovasi Pasar Anyar akan mulai digarap pekan depan. Pemkot meminta pelaksana menerapkan sistem lembur sejak awal.
M. AINUL ATHO’

Lanjutan Renovasi Pasar Anyar

Pemkot Pekalongan akan melanjutkan renovasi Pasar Anyar setelah mendapatkan alokasi anggaran dari APBD Perubahan tahun 2017 sekitar Rp900 juta. Namun jangka waktu pengerjaan yang mepet, yakni sekitar 70 hari kalender, dikhawatirkan tak mampu menyerap seluruh anggaran yang sudah dialokasikan. Untuk itu, Pemkot meminta kepada pelaksana proyek menerapkan sistem lembur sejak awal pengerjaan lanjutan renovasi Pasar Anyar.

Kabag Administrasi dan Pembangunan Setda Pekalongan, Apriliyanto mengatakan, dari segi perencanaan pihaknya menekankan agar pelaksana dapat menerapkan sistem lembur sejak awal untuk mengerjakan proyek tersebut. “Kalau dari kami menekankan agar dilembur. Dilembur sejak awal. Karena kalau tidak akan repot,” ujarnya, Kamis (12/10).

Ia mengungkapkan, kekurangan proyek yang akan dikerjakan masih sekitar 20 persen secara keseluruhan. Sedangkan waktu yang terseda yakni 70 hari kalender. Untuk itulah setelah melalui perhitungan dan perencanaan, sistem lembur menjadi hal wajib yang harus diterapkan dalam pengerjaan proyek tersebut.

Setelah melalui proses lelang, lanjutnya, saat ini sudah ditentukan pemenang yang akan menggarap proyek itu. Setelah ditawarkan dengan segala kondisi dan konsekuensi, pemenang lelang menyatakan mampu dan sanggup memenuhi. “Kelihatannya dari Pekalongan sendiri. Saat lelang bahkan ada empat pendaftar yang mengajukan,” katanya.

Sebelumnya, pihak OPD yang menangani yakni Dindagkop dan UMKM sempat mengajuakn evaluasi dengan pengurangan anggaran dari Rp900 juta menjadi setengahnya. Namun dikatakan April, setelah dilakukan evaluasi oleh provinsi, ternyata dinilai tidak ada permasalahan sepanjang sudah diperhitungkan matang oleh OPD terkait, dan ada pelaksana yang menyatakan mampu mengerjakan.

Terpisah, Kepala Dindagkop dan UMKM, Zaenul Hakim menjelaskan bahwa penyelesaian pembangunan Pasar Anyar sudah melalui tahap lelang dan sudah ditetapkan pemenang. Rencananya, Senin mendatang akan dilakukan pertemuan antar instansi terkait termasuk TP4D untuk mendengarkan paparan pelaksana terkait rencana pembangunan.

“Kami akan undang tim terkait untuk sama-sama mendengarkan paparan dari pemenang lelang bagaimana dapat menyelesaikan itu. Karena kontraknya sudah dimulai pekan depan, dan waktunya 70 hari kalender berdasarkan yang ditetapkan dalam LPSE,” terang Zaenul Hakim.

Sebelum pelaksanaan lanjutan renovasi Pasar Anyar, Zainul mengatakan bahwa sudah ada proyek pengerjaan melalui anggaran yang dialokasikan pada penetapan anggaran lalu. Proyek tersebut berupa pengerjaan lapak bagian tengah. Saat ini, prosesnya sudah mencapai 60 persen, dan diyakini mampu selesai sesuai target yakni awal Desember. “Sedangkan untuk penyelesaian kios yang menghadap ke Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Sulawesi, lapak yang menghadap timur dan selatan juga sudah ditemukan pemenangnya dan akan segera dilakukan pengerjaan,” tandasnya. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *