Metro

Mau Kabur usai Mencuri Burung, Seorang Pemuda Ditangkap

Pencuri Burung
DITANGKAP – M alias Contol (35) warga Desa Simbang Wetan gang 6 Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, diamankan Tim Satgas Operasi Sikat Candi 2017 Polres Pekalongan Kota karena mencuri burung.

KOTA PEKALONGAN – Seorang pemuda berinisial M alias Contol (35), warga Desa Simbang Wetan gang 6 Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, diamankan Tim Satgas Operasi Sikat Candi 2017 Polres Pekalongan Kota, Rabu (11/10) petang, usai tertangkap basah oleh warga karena mencuri burung jenis murai batu.

Aksi pencurian itu terjadi di sebuah rumah warga, di Perumahan Bina Griya Blok B6 Kelurahan Medono Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Rabu (11/10) sekitar pukul 18.30 WIB.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu melalui Kasat Reskrim AKP Edi Sutrisno menerangkan, pengungkapan kasus curat (pencurian dengan pemberatan) non target operasi Sikat Candi 2017 itu bermula, saat Tim Satgas Operasi Sikat Candi 2017 sedang melakukan patroli dan hunting. “Saat melintasi wilayah perumahan, petugas mendengar ada warga yang berteriak maling.., maling dan mengejar seseorang yang berlari dengan membawa sangkar burung,” ungkapnya.

Tak butuh waktu lama, pemuda yang belakangan diketahui berinisial M alias Contol itu berhasil ditangkap warga, sebelum akhirnya diamankan aparat kepolisian.

Diketahui, aksi pencurian itu terjadi ketika tersangka bersama seorang rekannya yang berhasil melarikan diri, berniat menuju ke Lapangan Mataram. Saat melintasi Perumahan Bina Griya, mereka melihat seekor burung murai batu yang digantung di depan teras rumah milik Irawan Widodo (46) warga Perumahan Bina Griya Blok B6.

Tersangka M alias Contol kemudian turun dan berniat untuk mencuri. Namun, saat keluar pintu gerbang, sangkar burung membentur pintu gerbang rumah korban, sehingga korban yang mendengar benturan langsung keluar mengejar dan berteriak. Seketika itu, rekan korban yang menunggu di atas motor langsung kabur meninggalkan M.

Pelaku dan barang bukti berupa burung murai batu beserta sangkarnya itu kini sudah diamankan di Polres Pekalongan Kota. “Saat ini petugas sedang melakukan pengembangan dan pengejaran terhadap rekan tersangka yang berhasil kabur,” tandas AKP Edi Sutrisno. “Pelaku diancam dengan Pasal Pencurian dengan Pemberatan sebagaimana diatur dalam Pasal 363 KUHP dengan ancaman Pidana paling lama tujuh tahun penjara,” pungkasnya. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat & Redaktur: Abdurrahman

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *