Metro

Bila Tidak Mau Tergilas, UKM dan UMKM Harus Mau Online

UKM UMKM Harus Online
LIHAT – Suasana pelatihan, terlihat peserta antusias mendengarkan penjelasan dari pemateri.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dihimbau untuk memasarkan produknya secara online, sebagai upaya untuk menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) serta perkembangan arus informasi.

Hal ini disampaikan Asisten Setda II Sri Wahyuni, kepada Radar Pekalongan di ruang Amarta, Kamis (12/10). “Kita tidak bisa menampik ya, sekarang era informasi luar biasa, jadi kami berharap UKM dan UMKM yang berada di setiap daerah mampu memanfaatkan momentum ini,” ungkap wanita yang akrab disapa Yuni.

Karena menurutnya, UKM dan UMKM yang yang bertahan menggunakan cara konvensional akan tertinggal dan tergilas oleh zaman. “Kami ingin menggerakkan UKM dan UMKM menggunaikan online dalam memasarkan produknya,”ujarnya.

Kegiatan ini sekaligus menjawab visi Presiden Jokowi bahwa UKM dan UMKM adalah sebuah energi bagi bangsa, karena banyaknya market luar yan menjajakkan produknya ke dalam negri. Sehingga sebagai bangsa perlu menguatkan pondasi agar Indonesia tidak hanya sebagai penonton namun juga pemain di pasar Nasional dan Internasional.

Kasi UKM pada Dindagkop, Very Yudianto menambahkan, bahwa perkembangan UKM dan UMKM di Kota Pekalongan dalam menggunakan IT untuk memasarkan produknya sudah cukup bagus. Hanya dibutuhkan polesan bimbingan agar menjalankan bisnis lebih profesional. “Facebook, twitter, Shopee dan fasilitas internet yang lain sudah banyak digunakan oleh masyarakat Kota Pekalongan.
Alhamdulillah kita termasuk warga yang melek media, sehingga adanya fasilitas bisa cepat ditangkap olehh masyarakat kita,” pungkasnya Very. (mal)

Penulis: Malekha & Redaktur: Abdurrahman

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *