Kendal News

Pembangunan Jalan Niaga Telan Dana Rp 13 M

Pembangunan Jalan Niaga
PEMBANGUNAN – Pembangunan akses jalan menuju Pelabuhan Niaga di Pelabuhan Tanjung Kendal di Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu mulai dikerjakan.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Pembangunan akses jalan menuju Pelabuhan Niaga di Pelabuhan Tanjung Kendal di Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu mulai dikerjakan. Pekerjaan tersebut merupakan proyek lanjutan dan menelan anggaran Rp 13,275 miliar.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Moh Toha, Kamis (12/10). Kata dia, pembangunan jalan menuju pelabuhan niaga merupakan pekerjaan tahap dua. Lokasinya sebelum masuk pintu gerbang pelabuhan ke arah barat. Panjang jalan menuju pelabuhan niaga kurang lebih 700 meter.

“Pembangunan tahap satu sudah dilakukan sekitar dua tahun yang lalu. Panjangnya sekitar 150 meter,” kata dia.

Lebih lanjut Toha mengungkapkan, panjang jalan yang diperbaiki mencapai 435 meter dengan lebar 12 meter.

“Kontruksi jalan dicor beton. Sumber dana berasal dari APBD Jateng dengan pemenang lelang PT Rendjani Kontruksi dari Palembang,” ungkap dia.

Toha menambahkan, pekerjaan dimulai sejak 22 September 2017 dengan masa pekerjaan 105 hari atau kurang lebih tiga bulan, sedangkan masa pemeliharaan 365 hari atau satu tahun.

“Selain pembangunan jalan juga dilakukan pembangunan untuk kantor pengelola pelabuhan niaga,” imbuh dia.

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Kendal, Andi Rahmat mengatakan, pihaknya berharap pada 2018, pelabuhan niaga bisa beroperasional, sehingga akan lebih ramai. Sebab, selama ini Tanjung Kendal hanya mengandalkan pelabuhan penyeberangan dengan tujuan Kumai, Kalimantan Tengah.

“Diharapkan, saat pelabuhan niaga beroperasi nanti, tentu akan membuat Tanjung Kendal semakin ramai. Kegiatan pengiriman barang ke kota lain maupun luar negeri dengan jalur laut bisa lewat Kendal,” kata dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *