Kendal

Polisi Ngecor Jalan Desa TMMD Kodim Kendal

Sengkuyung
SENGKUYUNG – Setiap harinya dua regu anggota Polres Kendal terjun ke lokasi TMMD Reguler ke 100 Kodim Kendal sengkuyung bareng TNI dan warga ngecor jalan desa program fisik TMMD.
NUR KHOLID MS

Sengkuyung TNI dan Warga

Setidaknya ada dua regu anggota Polres Kendal dalam setiap harinya terjun ke lokasi pelaksanaan TMMD Reguler ke 100 Kodim Kendal di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Mereka ikut sengkuyung bersama TNI dan warga melakukan pengecoran jalan desa dengan volume 1.550 x 3 meter x 12 sentimeter yang merupakan sasaran utama program fisik TMMD.

“Ini bentuk kemanunggalan TNI-Polri dan masyarakat dalam program TMMD. Sebagai wujud nyata untuk mewujudkan percepatan pembangunan yang ada di wilayah pedesaan,” kata Kapten Kav Jatmiko, Danramil 05/Cepiring Kapten Kav Jatmiko di lokasi pengecoran, Kamis (12/10).

Jatmiko mengungkapkan, sinergisitas dalam program TMMD tersebut dalam rangka membangun kerjasama yang harmonis untuk membangun desa. Kedekatan hubungan TNI dengan rakyat, terbukti telah menjadi salah satu penopang kekuatan bangsa ini, sebagai upaya memperjuangkan dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dikatakan, peran rakyat akan cikal-bakal pembentukan TNI, tentu tidak bisa dilupakan begitu saja, bahkan berkat kerja sama yang baik antara rakyat dengan TNI, bangsa ini bebas dari penjajahan, menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat hingga saat ini.

“Kemanunggalan TNI dengan Rakyat inilah yang harus kita jaga, karena TNI itu sebenarnya berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” tegas dia.

Jatmiko menambahkan, melalui program TMMD yang bertujuan untuk mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, khususnya untuk wilayah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil maupun terisolir.

Diharapkan, dengan adanya Program TMMD kali ini, target tri sukses akan tercapai, yakni sukses penyelenggaraan, sukses memperkokoh kemanunggalan TNI-rakyat, dan sukses meningkatkan budaya gotong-royong di masyarakat.

“Sehingga, nantinya benar-benar terbangun kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, agar bangsa ini benar-benar menjadi bangsa kuat dan berdaya,” pungkas dia.

Anggota Polres Kendal, Ipda Tri Widodi mengatakan, sinergitas dan kemanunggalan TNI, Polri dengan rakyat, serta pemerintah pusat dan daerah melalui TMMD seperti ini menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi.

“Saat ini kita lanjutkan karya bhakti dan pengabdian pada ibu pertiwi. Bersama kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan di negeri ini,” kata dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS & Redaktur: Widodo Lukito

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *