Metro Pendidikan

Kemah Gladi Widya, Tingkatkan Karakter Wisata Budaya

Kemah Gladi Widya, Tingkatkan Karakter Wisata Budaya
BUKA – Peserta kemah gladi widya menerima tanda penyematan oleh Drg Agus Maerhandayana yang mewakili Plt Walikota Pekalongan di Lapangan Kuripan Lor.
MALEKHA / RADAR PEKALONGAN

*Dinparbudpora Kota Pekalongan

KURIPANLOR – Kemah gladi widya yang digelar perdana oleh Dinparbudpora Kota Pekalongan, menjadi salah satu sarana meningkatkan karakter wisata budaya pada generasi muda Kota Pekalongan.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Kepemudaan Bidang Olah Raga Dinas Pariwisata, Teguh Waluyo SH, kepada www.radarpekalongan.com di lokasi acara Lapangan Kuripan Lor, Rabu (12/10).

“Kemah gladi widya ini menjadi sebuah upaya kami, untuk memfasilitasi generasi muda menggunakan waktunya secara produktif. Sehingga tidak ada waktu bagi mereka mendekati kegiatan negatif,” ungkap laki-laki yang akrab disapa Teguh.

Selain itu, kemah gladi widya juga menumbuhkan rasa cinta kepada bangsa. Karena didalamnya ada materi wisata budaya Indonesia, sehingga mengukuhkan karakter cinta tanah air dengan mencintai budayanya.

“Kami berharap, kegiatan ini bisa mewujdukan pemuda masa depan dengan kepemimpinan yang tangguh. Karena pemimpin masa depan adalah bentk kualitas dari pembinaan pemuda dimasa ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana Rima Fatmawati SPd menambahkan, kegiatan kemah gladi widya mengandung nilai luhur yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia. Karena diera sekarang sangat sulit untuk menjaga nilai luhur bangsa di era modernisasi.

“Kemah gladi wisya ini kami pandang perlu untuk dilakukan, karena kita punya kewajiban bersama untuk menjaga nilai-nilai luhur bangsa kita,” ujar Rima.

Kemah gladi widya ini juga merupakan revitaslisasi kegiatan pramuka. Sebagai sebuah evaluasi pramuka penegak dalamm menjalankan fungsinya.

“Kemah ini kita desain lebih bermasyarakat, seperti masyarakat belajar yang berorientasi pada proses dengan berwawasan seni budaya,” tandas awanita yang juga menjadi guru SMAN 4 ini.

Ia berharap, kemah gladi widya ini mampu memberikan kontribusi positif untuk sikap lebi baik dan menjaga seni budaya. Membina dan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan penegak, serta memberikan penguatan karakter seni budaya dan menjaga persaudaraan. (mal)

Penulis: Malekha | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *