Jateng

Kenalkan Hukum Sejak Dini, Jaksa Masuk Sekolah

Kenalkan Hukum Sejak Dini, Jaksa Masuk Sekolah
JAKSA – Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang mengkunjungi SMP Negeri 1 Mungkid.
DOKUMEN

MAGELANG – Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang dalam merealisasikan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS), hari ini kunjungi SMP Negeri 1 Mungkid.

Acara yang di ikuti oleh 240 an siswa kelas 8 tersebut pada intinya yakni memberikan kesadaran masyarakat mengenai hukum dan mengenalkan keberadaan kejaksaan kepada masyarakat, khususnya pelajar.

Dalam acara tersebut, siswa-siswi yang berpartisipasi pun sangat khusuk dalam menyimak materi-materi yang disampaikan dari pihak kejaksaan. Bahkan, beberapa siswa terlihat nampak berantusias dan bertanya jawab dengan pihak kejaksaan guna mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai hukum di dalam lalulintas.

Acara JMS yang dilakukan hari ini membahas mengenai undang-undang lalu lintas. Hal tersebut bertujuan agar generasi muda di Indonesia khususnya di Magelang sadar akan hukum. Selain itu, sebagai langkah awal untuk memberikan pengenalan dini dan menggugah kesadaran masyarakat terkait perundang-undangan yang ada. Hal tersebut bertujuan agar nantinya masyarakat yang akan datang lebih menghargai dan mematuhi peraturan yang ada. “Dengan mengetahui aturan-aturan, kewajiban-kewajiban dalam berkendara dan kbijaksanaan lalu lintas di Indonesia. Semoga mereka menjadi sadar dan tertib dalam menggunakan lalu lintas,” ujar petugas Fungsional kejaksaan negeri, Zaenal, Kamis (12/10).

Program JMS sendiri samapai saat ini sudah dilaksanakan selama 6 kali di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA di wilayah kabupaten magelang. Program ini pun secara continue akan terus dilaksanakan sesuai dengan kebijakan yang ada, sekitar 12 kali dalam tahun ini. Apabila kebijakan pemimpin di tahun 2018 masih mencanangkan program tersebut, maka akan terus dilakasanakan sebagai wujud patuh dan menjalankan kebijakan dari pimpinan, jelasnya.

Zaenal menambahkan, dalam melakukan kunjungan-kunjungan di sekolah-sekolah yang ada untuk saat ini masih menggunakan sampling. Semua diliat dari segala prioritas dengan jaksa-jaksa yang terlibat. Sementara ini pun kunjungan masih dilakukan dalam lingkup sempit. Artinya Jaksa Masuk Sekolah ini dilaksanakan di sekolah-sekolah yang berada di lingkungan kejaksaan. Untuk kedepannya, apabila memungkinkan akan terjun di sekolah yang berada di ujung-ujung kabupaten Magelan. (Mg1)

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *