Metro Politik

Calon Independen Pilgub Wajib Siapkan 1,7 Juta KTP

Pencalonan Independen
SOSIALISASI – KPU Kota Pekalongan menggelar sosialisasi tahapan pencalonan independen kepada masyarakat Kota Pekalongan, Sabtu (21/10).
M AINUL ATHO

KPU Kota Pekalongan menggelar sosialisasi tahapan pencalonan dari jalur independen pada Pilgub 2018, Sabtu (21/10).

Dalam sosialisasi, disampaikan berbagai syarat yang harus dipenuhi bakal calon independen. Yang paling utama yakni syarat jumlah minimal dukungan yang harus dikantongi bakal calon sebanyak 1,7 juta dukungan yang dibuktikan dengan foto copy KTP.

Ketua KPU Kota Pekalongan, Basir mengungkapkan, selain jumlah dukungan yang harus dipenuhi bacalon, juga harus memperhatikan sebaran dukungan yakni minimal dukungan harus ada di 18 kabupaten kota di Jawa Tengah. “Untuk waktu penyerahan syaratnya dimulai pada 22 November hingga 26 November 2017 di KPU Provinsi Jawa Tengah,” terang Basir.

KPU Kota Pekalongan sendiri, dikatakan Basir, juga akan ikut membuka help desk untuk mengakomodir jika terdapat tim dari bacalon independen yang ada di Kota Pekalongan.

“Masing-masing kabupaten kota, termasuk Kota Pekalongan akan membuka help desk. Barangkali ada tim dari calon independen, kita bisa ikut menerima sebagai bagian dari tim pendaftran KPU Jawa Tengah,” katanya.

Info tersebut, kata Basir perlu disampaikan kepada masyarakat untuk mendorong agar masyarakat bisa ikut menyebarkan informasi terkait calon independen dalam Pilgub.

“Sosialisasi ini perlu dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan informasi yang jelas tentang tahapan ini, dan dapat ikut terlibat dalam meneruskan informasi ini secara lebih luas lagi,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, sebagai peserta hadir perwakilan organisasi dan tokoh masyarakat dengan narasumber dari KPU Provinsi Jawa Tengah. Sosialisasi digear secara bergiliran ke seluruh kabupaten kota di Jawa Tengah. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *