Metro Politik

Jumlah Pendaftar PPS Masih Minim

KOTA PEKALONGAN – Jumlah pelamar Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilgub 2018, terpantau masih minim. KPU mencatat, hanya ada beberapa kelurahan yang sudah melaporkan jumlah pendaftar PPS lengkap sesuai jumlah yang dibutuhkan. Sisanya, baru beberapa yang mendaftar, bahkan terdapat kelurahan yang belum menerima pendaftaran PPS sama sekali.

Komisioner KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada mengatakan, dalam beberapa hari terakhir pihaknya melakukan monitoring pendaftaran PPS ke sejumlah kelurahan. Hasilnya banyak kelurahan yang belum bisa memberikan daftar calon PPS yang melamar. “Hanya beberapa yang sudah. Seperti Gamer sudah lengkap, Medono baru dua, begitu juga Podosugih. Pendaftarnya masih minim,” tuturnya.

Rahmi Rosyada mengatakan, untuk seleksi PPS dibutuhkan minimal enam pendaftar per kelurahan dari kebutuhan tiga PPS per kelurahan. Pendaftaran diterima oleh kelurahan untuk kemudian disampaikan ke KPU. “Wilayah lain sudah banyak tapi disini masih minim. Faktornya berkaitan juga dengan kultur masyarakat. Disini seringkali mendaftar pada menit-menit akhir,” tambah Rahmi.

Seleksi PPS, berbeda dengan PPK. Ia menjelaskan, setelah seleksi administrasi calon PPS akan langsung melakukan tes wawancara yang akan dilaksanakan oleh PPK masing-masing kecamatan. “Pendaftaran untuk PPS sampai 1 November. Kemudian tanggal 4 hingga 6 November, dilakukan seleksi administrasi PPS. Kemudian setelah PPK dilantik, nantinya akan langsung bekerja menyeleksi PPS,” jelasnya lagi.

Sistem rekrutmen PPS memang berbeda dengan PPK. Calon PPS dapat diusulkan oleh kelurahan maupun mendaftar secara terbuka. Namun pendaftaran cukup dilakukan di kelurahan yang nanti diteruskan ke KPU. “Kami sudah sejak awal melakukan sosialisasi secara luas baik lewat media atau lewat pengumuman yang disebar ke seluruh kelurahan. Tapi berkaitan dengan kultur yang tadi saya sebutkan, kemungkinan pendaftaran membludak di akhir. Seperti yang terjadi saat pendaftaran PPK,” katanya.

Untuk proses seleksi PPK, ia mengatakan setelah dilakukan tes tertulis terdapat 39 calon PPK yang lolos yakni masing-masing 10 orang di Kecamatan Barat, Utara dan Selatan.

Sedangkan di Kecamatan Timur ada sembilan pelamar yang lolos. Mereka akan menjalani tes wawancara hari ini (Jumat 27/10). Hasilnya diumumkan antara 27 hingga 29 Oktober. “Dalam jadwal, pelantikan PPK akan dilakukan 4 November secara serentak jadi satu,” tandasnya.(nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *