Kendal Politik

Gubernur Perorangan Butuh 1,7 Juta Dukungan

Gubernur Perorangan
DUKUNGAN – Anggota KPU Jateng Ikhwanudin menyampaikan bagi calon gubernur dari jalur perorangan harus mempunyai 1.781.606 dukungan.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Anggota KPU Jateng Ikhwanudin menyampaikan bagi calon gubernur dari jalur perorangan yang hendak maju dalam Pilgub Jateng 2018 harus mempunyai 1.781.606 dukungan dengan dibuktikan tanda tangan atau cap jempol dan dilampiri foto kopi e-KTP.

“Syarat dukungan tersebut diserahkan antara 22 – 26 November 2017,” kata dia usai melakukan Sosialisasi Tahapan dan Persyaratan Calon Perseorangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018 yang digelar di Aula Gedung C, Sekda Kendal, Kamis (26/10). Sosialisasi dihadiri berbagai unsur mulai dari pemerintahan hingga ormas.

Dia mengatakan, jika dukungan tercapai, persyaratan dukungan diterima dan dilanjutkan ke verifikasi administrasi dan verifikasi aktual ke lapangan. KPU akan menanyakan ke pendukung apakah mereka benar-benar memberikan dukungan kepada calon perorangan tersebut.

Ditambahkan, sosialisasi tersebut merupakan putaran terakhir. KPU Jateng sudah melaksanakan sosialisasi itu sejak Juli 2017. “Putaran terakhir sosialisasi dilaksanakan di Kendal, Batang, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Demak,” ujar dia.

Ketua KPU Kendal, Wahidin Said, mengatakan, dukungan untuk calon perseorangan sebanyak 6,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari pemilu terakhir di masing-masing kabupaten/kota. KPU Kendal selain persiapan Pilgub Jateng, juga persiapan menyambut Pemilu 2019. Pemilu mendatang tidak lagi menggunakan istilah pemilu legislatif (pileg) maupun pemilu presiden (pilpres), tetapi mengguanakan Pemilu 2019.

“Pileg dan Pilpres digabung menjadi satu, sehingga KPU akan menyiapkan lima kotak suara, yakni untuk pemilihan presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kotam”kata dia.

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *