Batang News

Minus 5%, Pelaksana Optimis Selesaikan

Interior Pasar Batang
FINISHING – Inilah gambar kondisi progres pelaksanaan proyek interior Pasar Batang saat pemantauan Dalbang, Rabu lalu. Saat ini proyek itu tinggal menyelesaikan tahap finishing.
AKHMAD SAEFUDIN

Progres Interior Pasar Batang Sudah 93%

Progres pelaksanaan proyek pembangunan interior Pasar Batang tengah memasuki tahap finishing. Meski ada keterlambatan serapan fisik 5%, PT Raharja Mulia Klaten selaku penyedia jasa karenanya optimis mampu menyelesaikan pekerjaan.

Bagian Pengendalian Pembangunan (Dalbang) Setda Batang juga telah mengecek langsung progres pelaksanaan paket senilai Rp 5.371.340.000, Rabu lalu. Progres per 26 Oktober 2017 bahkan telah menembus angka 93,221%.

“Tetapi sesuai schedule, progres perhari ini memang semestinya sudah mencapai 98,75%. Artinya ada keterlambatan progres minus 5,529%,” ungkap Kabag Dalbang Setda Batang, A Handy Hakim SSos, Kamis (26/10), didampingi Kasubbag Pengendalian, Puguh Santoso.

Meski progres serapan minus, lanjut Handy, pelaksana tetap optimis mampu menyelesaikan pekerjaan. Untuk diketahui, proyek pembangunan interior Pasar Batang akan habis masa kontraknya per 3 November 2017.

“Waktunya memang tinggal kurang lebih sepekan, tetapi kalau melihat progres yang sudah dicapai, optimism pelaksana bisa dimaklumi. Karena tahapannya tinggal finishing saja. Tetapi kami berharap mereka bisa menyelesaikan tepat waktu,” terang Handy.

Tahap finishing dimaksud adalah pemasangan pintu los serta heat pump (alat pemanas air). Material keduanya pun dalam posisi ready, alat heat pump saat ini berposisi dititipkan di kantor Disperindagkop, sementara pintunya masih di Boyolali.

“Tetapi barangnya sudah ready, tinggal dikirim. Volume baru dihitung jika sudah terpasang. Kalau ini terpasang, progresnya langsung naik. Memang pintu los yang harus dipasang sangat banyak, tetapi kalaupun penyelesaiannya terlambat paling hanya beberapa hari perpanjangan saja. Itu jaminan kesanggupan dari pelaksana, kami akan tetap memantaunya,” ujarnya.

Menurut Handy, meski tinggal finishing, PT Raharja Mulia diminta tetap serius mengejar ketertinggalan progres. Sebab, pekerjaan item kecil semacam itu tak jarang menjadi pengganggu progres. Terlebih, jumlah yang harus dipasang juga banyak. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *