Kajen Pendidikan

Wakili Kabupaten dalam Bimtek Jateng

Wakili Kabupaten dalam Bimtek Jateng
BIMBINGAN – Kegiatan bimtek penguatan pendidikan karakter komite se Jawa Tengah.
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

*Komite SDN 01 Pekuncen, Wiradesa

WIRADESA – Hadir sebagai satu-satunya wakil dari perwakilan komite Kabupaten Pekalongan, Cahyoto Rahman, dalam serangkaian acara Bimbingan Teknis (Bimtek) tingkat Jawa Tengah yang dilaksanakan di Salatiga, 17-19 Oktober 2017 lalu.

Wakil Ketua Komite SDN 01 Pekuncen tersebut menuturkan selama mengikuti bimtek yang diselenggarakan di Salatiga, banyak sekali pengarahan terutama terkait pentingnya penguatan pendidikan karakter pada anak usia sekolah dasar.

“Pendidikan karakter sekarang prosentasenya 70%, sedangkan sains cukup hanya 30%,” jelas Cahyoto ketika ditemui Radar Pekalongan, Senin (23/10).

Merujuk dari Peraturan Presiden Nomor 87, pendidikan anak haruslah mencakup penguatan sikap, keterampilan, serta ilmu pengetahuan. Hal tersebut selaras dengan pelaksanaan penerapan kurikulum 2013 (kurtilas) yang kini sudah mulai diterapkan secara penuh oleh sekolah-sekolah di Kabupaten Pekalongan.

Usai kepulangannya dari Salatiga, Cahyoto berniat untuk lebih menggerakkan penguatan karakter pada anak-anak pada pendidikan dasar di Kabupaten Pekalongan. “Nanti hasil bimtek ini akan kami sosialisikan kepada wali murid serta guru, melalui SDN 01 Pekuncen ini,” imbuh Pak Cahyoto sapaan akrabnya.

Bersamaan dengan penerapan penguatan pendidikan karakter pada anak yang mulai dilaksanakan SDN 01 Pekuncen, pihaknya bersama dewan guru dan kepala sekolah akan mulai mensosialisasikan hasil bimbingan teknis kepada sekolah-sekolah lain di Kabupaten Pekalongan, terkhusus di Kecamatan Wiradesa. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *