Kajen Pendidikan

Gerakan Cinta Lingkungan SDN 01 Watusalam

SDN 01 Watusalam
MENANAM – Siswa SDN 01 Watusalam belajar cara menanam sayuran.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

WATUSALAM – Sebagai tindak lanjut dari kunjungan ke Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan pada kegiatan tengah semester lalu, siswa SDN 01 Watusalam berinisiatif mengadakan Gerakan Cinta Lingkungan. Kegiatan ini berupa pengumpulan gelas kemasan minuman oleh siswa kelas enam, mengingat banyaknya sampah kemasan minuman di sekolah ini.

“Setelah kunjungan kemarin, siswa kelas enam inisiatif sendiri untuk mengumpulkan sampah minuman kemasan. Bukan berarti mereka memulung sampah, tapi mereka menyediakan tempat untuk membuang gelas kemasan. Siswa kelas satu hingga lima diberitahu bahwa sebelum membuang sampah, sisa minuman diguyurkan ke tanaman baru dibuang ke tempat yang sudah disediakan,” tutur Nashirotun Nisa SPd, guru kelas enam SDN 01 Watusalam kepada Radar, Kamis (26/10).

Bu Nisa, sapaan akrabnya, menuturkan setelah terkumpul, sampah akan dijual ke bank sampah dan sebagian akan dimanfaatkan sebagai media tanam. Hal ini dalam rangka penghijauan lingkungan sekolah.

Disebutkan, pada kegiatan tengah semester lalu, siswa kelas empat hingga enam diajak berkunjung ke Dinas Pertanian dan Pangan. Kegiatan tersebut untuk menunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan terjun langsung sebagai bentuk nyata pembelajaran. Di sana, siswa diajarkan cara menanam sayuran dan makanan sehat, serta praktek mengolah tanah sebagai media tanam. Selain itu, siswa juga diajak untuk berkunjung ke Bank sampah untuk menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga lingkungan.

Kepala SDN 01 Watusalam, Siti Khodijah SPd, menilai kegiatan ini mampu menstimulasi siswa untuk peka terhadap lingkungan. “Karena di sekolah ini semua kelas sudah menggunakan kurtilas, kita mengadakan kegiatan tengah semester yang langsung terjun di masyarakat. Dengan adanya kunjungan dan praktek ini, kita ingin mengajarkan anak untuk peduli terhadap lingkungan, kebersihan, kesehatan,” ujar Bu Khodijah, sapaan akrabnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *