Kajen Pendidikan

MIM Kauman Wiradesa Rutin Dhuha Berjamaah

MIM Kauman Wiradesa
IBADAH – Pelaksanaan sholat dhuha berjamaah siswa putri MIM Kauman, Wiradesa, Jumat (27/10).
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

WIRADESA – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Kauman Wiradesa rutin melaksanakan kegiatan sholat dhuha berjamaah, bagi siswa kelas 3-6 setiap hari Jumat.

“Sebagai MI, pelaksanaan pembelajaran yang bersifat keagamaan lebih banyak,” jelas Kepala MI Muhammadiyah Kauman, Nishfun Nahab SPd I, ketika ditemui Radar Pekalongan di kantornya, Jumat (27/10).

Setiap Jumat kegiatan sholat dhuha berjamaah rutin dilaksanakan sekolah yang pada tahun ajaran 2016/2017 ini memiliki 404 siswa ini. Pelaksanaan sholat, dilaksanakan di mushala sekolah secara bergantian antara siswa putra dan siswa putri. Kegiatan dilaksanakan sebelum jam istirahat pertama. “Setelah siswa putra selesai, kemudian dilanjut siswa putri,” imbuhnya.

Selain melatih siswa untuk senantiasa melaksanakan ibadah, sesuai dengan fungsinya, sekolah juga mengajarkan siswa untuk membiasakan diri melaksanakan ibadah sunah seperti sholat dhuha ini.

Tidak hanya sholat dhuha berjamaah, kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah Kauman beragam, diantaranya kegiatan sholat dzuhur berjamaah setiap hari, kegiatan malam bina iman dan taqwa (MABIT) bagi siswa kelas 6, kegiatan Perbaqu atau qurban hari raya idul adha, lantunan murotal quran setiap pagi, dan lain sebagainya.

Usai melaksanakan sholat dhuha berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan istirahat. Namun ada pula hal unik yang ada dalam kegiatan istirahat di MIM Kauman, yakni siswa tidak diperbolehkan membawa uang saku, namun untuk jajan hanya dilaksanakan dalam kantin kejujuran sekolah. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *