Batang Pendidikan

SMPN 1 Pecalungan Siapkan OSIS Mandiri

SMPN 1 Pecalungan
SERU – Siswa SMPN 1 Pecalungan saat melakoni kegiatan LDK OSIS beberapa waktu lalu.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

PECALUNGAN – SMPN 1 Pecalungan menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) beberapa waktu lalu di wisata agro Selopajang Timur Blado. Kegiatan ini diharapkan menjadi bekal bagi calon pengurus OSIS, agar lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam mengemban amanah ke depan.

“Masa SMP menjadi tonggak awal pembelajaran organisasi di sekolah. Oleh karenanya perlu adanya pelatihan yang dapat menyiapkan mereka ke ranah organisasi. Jadi kami gelar LDK agar mereka lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam mengemban amanah ke depan,” terang Kepala SMKN 1 Pecalungan, Suyatno MPd.

Pembina OSIS SMPN 1 Pecalungan, Abdul Aziz SPd didampingi salah satu guru Dwi Mulyanto menerangkan, kegiatan ini rutin dan diisi serangkaian kegiatan seperti peraturan baris berbaris (PBB), Tata Upacara Bendera (TUB), out bound dan lainnya.

Selain itu diberikan pula materi tentang keorganisasian dan kepemimpinan. Materi ini juga disampaikan langsung oleh guru SMPN 1 Pecalungan. Kegiatan ini diikuti 41 siswa dan 10 guru pendamping.

“Tidak hanya di dalam ruangan. Kami juga sediakan sarana out bound yang diharapkan dapat menambah pengalaman mereka,” imbuhnya.

Pihaknya berharap usai kegiatan ini siswanya dapat lebih mandiri. Dan masing-masing anggota OSIS punya ikatan yang kuat. Agar ketika menghadapi masalah bisa diselesaikan dengan baik-baik dan bersama-sama.

“Ini kan bisa dibilang pengalaman mereka berorganisasi. Jadi wajar kalau nantinya banyak hal-hal yang belum mereka pahami. Nah dengan pembekalan ini kami harap mereka sudah tahu bagaimana caranya agar bisa menyelesaikan masalah itu. Meski kami ingin mereka mandiri, bukan berarti kami melepas mereka begitu saja. Kami tetap membantu dan mengawasi mereka,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *