Nasional News

Jokowi dan SBY Minum Teh Bareng di Istana

Jokowi dan SBY Minum Teh Bareng di Istana
OBROLAN JOKOWI-SBY – SBY kembali menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Senyum terlihat di wajah keduanya. Begini suasana obrolan Jokowi dan SBY
Istimewa

JAKARTA – Presiden Keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (27/10).

Ini kali kedua SBY dan Jokowi bertemu empat mata, setelah sebelumnya mereka juga melakukan pertemuan serupa 9 Maret lalu.

Awalnya, wartawan dipersilakan untuk mengambil gambar pertemuan SBY dan Jokowi di Beranda Istana Merdeka, sekitar pukul 14.08 WIB. Pertemuan tersebut berlangsung mendadak, tak ada di jadwal resmi Jokowi.

Tak terdengar apa yang diperbincangkan. Sesekali di tengah pembicaraan, keduanya tertawa akrab.

Setelah sekitar 90 menit menunggu pertemuan selesai digelar, awak media pun mendapat kabar bahwa tidak akan ada keterangan yang diberikan oleh Jokowi dan SBY. SBY juga sudah meninggalkan Istana.

“Tidak ada jumpa pers,” kata salah satu staf biro pers Istana.

Kondisi ini berbeda dibanding saat SBY menemui Jokowi di Istana, Maret lalu. Saat itu, usai pertemuan, Jokowi dan SBY memberikan keterangan bersama-sama kepada media.

Saat itu, SBY memastikan tidak ada lagi miskomunikasi dengan Presiden Joko Widodo. Sebab, ia mengaku sudah menjelaskan berbagai hal yang selama ini menjadi sumber miskomunikasi antara dirinya dengan Jokowi.

“Insya Allah, Insya Allah, saya senang sekali saya bisa menjelaskan, beliau mendengar dengan seksama. Saya juga mendengar dari beliau,” kata SBY dalam jumpa pers bersama Presiden Jokowi, di Teras Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (9/3).

**Enggak Komen

Presiden Joko Widodo enggan berkomentar soal pertemuannya dengan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Kepresidenan. Usai pertemuan dengan SBY itu, pada Jumat (27/10/2017) sore, Jokowi membuat video tentang Hari Sumpah Pemuda.

Para wartawan yang biasa meliput di Istana turut diajak dalam video itu. Setelah pembuatan video, wartawan bertanya kepada Jokowi soal pertemuannya dengan SBY. Namun, Jokowi enggan berkomentar.

Ia justru mengira Menteri Sekretaris Negara Pratikno sudah memberikan penjelasan kepada media terkait pertemuan tersebut.

“Bukannya sama Pak Mensesneg sudah tadi?” tanya Jokowi kepada Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin.

Bey memberitahukan kepada Jokowi bahwa Pratikno belum memberikan penjelasan kepada media. Jokowi terdiam sesaat. Ia kemudian diberi saran oleh Bey agar tidak berkomentar dan menyerahkannya kepada Mensesneg.

“Pak Mensesneg saja lah. Tidak siap,” kata Jokowi kepada wartawan sambil tersenyum.

Jokowi langsung kembali masuk ke Istana Merdeka untuk melanjutkan aktivitasnya. Sementara, Mensesneg tak terlihat di lokasi pengambilan video. Telepon genggamnya juga tak bisa dihubungi. (fat/jpnn)

Tags

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *