Kajen Pendidikan

Aneka Lomba Semarakkan Bulan Bahasa SMAN 1 Kajen

SMAN 1 Kajen
LOMBA – Salah satu peserta lomba teater dalam Festival Bulan Bahasa dan Jeda Tengah Semester di SMAN 1 Kajen.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KAJEN – Dalam rangka memperingati bulan bahasa dan jeda tengah semester, SMAN 1 Kajen menyenggelarakan berbagai lomba, meliputi futsal, teater, musikalisasi puisi, dan Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 pilar kebangsaan. Rangkaian lomba yang digelar sejak Selasa (24/10) ini diikuti oleh perwakilan dari kelas masing-masing. Total ada 29 rombel yang memperebutkan predikat juara dan hadiah berupa uang pembinaan.

Wakil Kepala Kesiswaan, Hadi Siswanto SS Mhum, menuturkan segala persiapan kegiatan dilakukan oleh siswa, meliputi properti dan teknis pelaksanaan lomba. Sekolah hanya memberikan dukungan sarana dan operasional.

“Selain apresiasi seni dalam rangka bulan bahasa, anak-anak juga ingin mengembangkan minat dan bakat dengan mengisi waktu jeda tengah semester. Akhirnya kami persilakan untuk mengadakan lomba, tetapi hanya di dalam sekolah,” ujarnya kepada Radar, Jumat (27/10).

Kepala SMAN 1 Kajen, Dra Heti Puryanti, menuturkan kegiatan ini merupakan rutinitas yang diselenggarakan setiap tahun. Selain perayaan bulan bahasa, kegiatan ini sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda, tanggal 28 Oktober.

“Biasanya kita mengadakan perayaan bulan bahasa sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda, minimal anak-anak bisa menjiwai nilai-nilai kebangsaan sekaligus menjadi sarana untuk mengembangkan minat di bidang kesastraan dan kebahasaan,” tutur Bu Heti, sapaan akrabnya.

Selain mendapatkan uang pembinaan, Bu Heti mengatakan bahwa para juara akan diminta untuk tampil kembali dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) SMAN 1 Kajen pada Januari mendatang.

“Nanti yang juara satu teater dan musikalisasi akan kita tampilkan dalam perayaan HUT SMAN 1 Kajen, nanti tanggal 05 Januari 2018. Jadi pelaksanaan lomba sekalian kita menggali kreativitas anak. Untuk yang juara futsal nanti kita tandingkan dengan bapak dan ibu guru,” pungkasnya.(mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *