Jateng

Pemkot Magelang Luncurkan Layanan Gawat Darurat

Pemkot Luncurkan Layanan Gawat Darurat
GERMAS – Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina melepaskan balon sebagai tanda pencanangan Germas dan PSC-SPGDT di Alun-alun Kota Magelang, kemarin.
Wiwid Arif/Magelang Ekspres

MAGELANG – Pemkot Magelang meluncurkan layanan public safety center-sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (PSC-SPGDT). Program tersebut merupakan layanan gawat darurat terintegrasi berbasis call center berupa penanganan pasien gawat darurat medis sebelum ditangani di rumah sakit.

Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina di sela peluncuran PSC-SPGDT bersamaan dengan pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kota Magelang di Alun-alun, Jumat (2/10) megatakan, layanan gawat darurat ini terintegrasi berbasis call center. “Sistemnya kami pastikan gratis tidak dipungut biaya. Nomor kontak yang bisa dihubungi 0293 3219613,” katanya.

Menurutnya, pencanangan germas dan PSC-SPGDT menjadi momen bersejarah bagi Kota Magelang untuk meningkatkan komitmen dan kemampuan hidup sehat tanpa terkecuali. Pihaknya pun mendorong seluruh organisasi perangkat daerah untuk mendukung gerakan Germas ini karena sangat bermanfaat. “Tidak hanya bagi Pemkot Magelang karena manfaatnya juga bisa dirasakan masyarakat secara umum. Berawal dari diri yang sehat, masyarakat akan sejahtera,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Fatma Murtiningsih menambahkan, layanan PSC-SPGDT dipusatkan di kantor Dinas Kesehatan. Layanan tersebut diharapkan dapat mempercepat penanganan terhadap pasien maupun calon pasien sebelum sampai ke rumah sakit.

Ia menyebutkan adanya layanan ini merupakan instruksi langsung dari Kementerian Kesehatan yang diharapkan bisa ditindaklanjuti oleh seluruh daerah. “Rata-rata setiap daerah memiliki PSC. Terdapat tim kesehatan tersendiri yang bertugas di sini. Mereka melaksanakan penanganan kegawatan pra rumah sakit. Jadi pasien akan ditangani lebih awal, sehingga mencegah kecacatan yang mungkin timbul akibat sakit atau kecelakaan,” jelasnya.

Fatma menambahkan bahwa layanan PSC-SPGDT mencakup seluruh penanganan kesehatan darurat. Mulai dari kecelakaan, bencana, hingga sakit lainnya yang membutuhkan pertolongan pertama. “Tim kita ada komplet, mulai dari paramedis, perawat, ambulans, hingga petugas call center yang siap menerima panggilan setiap harinya. Kemampuan mereka sudah tidak diragukan lagi karena punya sertifikat penanganan gawat darurat,” imbuhnya.

Tidak hanya peluncuran, kegiatan ini pun dimeriahkan dengan lomba mewarnai yang diikuti 25 TK serta lomba senam cerdik diikuti 17 kelurahan se-kota Magelang.

“Saya sangat senang dengan adanya Germas ini, melalui lomba senam mengajak kepada masyarakat untuk melakukan olahraga sehat, mengekspresikan diri,” tutur Ismawati salah satu pemenang Juara 1 Lomba Senam Cerdik dari Kelurahan Rejowinangun Selatan. (wid)

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *